span 1 span 2 span 3

Peran CRM Marketing Digital dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan

CRM marketing digital – CRM merupakan strategi bisnis yang mana bisa mengelola hubungan dengan pelanggan. Caranya adalah CRM ini akan memadukan proses antara manusia dengan teknologi. CRM yang digunakan ini akan membantu pebisnis untuk bisa menarik prospek penjualan, melakukan konversi menjadi pelanggan dan juga mempertahankan pelanggan yang telah ada. 

Tujuan dari penggunaan CRM ini adalah untuk memuaskan pelanggan dan membuat pelanggan menjadi loyal terhadap bisnis Anda. CRM sendiri merupakan Customer Relationship Management. Di masa seperti saat ini membuat strategi CRM merupakan kebutuhan utama dalam setiap bisnis.  Melalui keajaiban teknologi ini bisa menjembatani kesenjangan dan juga responsif terhadap setiap klien. 

Peran CRM Marketing Digital 

Hal yang harus Anda perhatikan adalah pelanggan yang bahagia ini akan selalu kembali ke bisnis Anda. Pelanggan yang bahagia ini juga bisa memberi tahu ke teman tentang bisnis Anda ini sehingga peluang untuk mendapatkan pelanggan akan jauh lebih besar. 

Apapun bisnis yang Anda geluti menjaga pelanggan agar tetap setia terhadap bisnis Anda ini sangat penting karena pelanggan yang loyal menjadi kunci kesuksesan bisnis Anda. Berikut ini adalah peran CRM marketing digital dalam menciptakan kepuasan dan kesetiaan pelanggan yang penting untuk Anda ketahui:

1. Membangun koneksi digital

Peran CRM yang bisa bermanfaat untuk bisnis Anda adalah software satu ini mampu membangun koneksi digital. Saat Anda menggunakannya, software satu ini akan membuat lembar data yang mana berisi data pelanggan yang Anda miliki, selain itu mengetahui prospek yang Anda miliki pada pelanggan lain. Anda bisa melakukan pendekatan menggunakan kampanye digital satu persatu. Anda bisa terhubung dengan mereka melalui preferensi mereka dan bisa memberikan saran di situs jejaring sosial.

Koneksi digital yang bisa Anda lakukan ini bisa dengan mengirimkan email secara pribadi, menyarankan produk maupun layanan tertentu. Pembelian sebelumnya yang dilakukan oleh pelanggan ini pun bisa Anda lihat. Dengan CRM marketing digital Anda juga bisa membuat blog maupun artikel yang menarik bagi pelanggan Anda. Dengan data relevan yang ada di halaman Anda, Anda bisa mudah menarik pelanggan dan mereka akan mengunjungi Anda.

Baca Juga: Meningkatkan Penjualan dengan CRM Marketing Digital Terbaik

2. Menjamin kepuasan

Peran CRM marketing digital adalah dengan menjamin kepuasan pelanggan. Saat Anda menggunakan CRM digital ini Anda bisa membuat database berisi panggilan layanan pelanggan.

Ketika Anda lebih dekat dengan pelanggan, Anda bisa tahu apa yang disukai dan tidak disukai oleh pelanggan. Anda sekaligus menjadi tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk memuaskan pelanggan-pelanggan Anda. 

3. Personalisasi kampanye digital

CRM ini akan mengumpulkan data tentang apa yang disukai dan tidak disukai pelanggan Anda. Anda bisa menargetkan pelanggan dengan item tertentu yang mereka minati. Software ini bisa memberikan Anda data statistik apa saja yang telah dibeli oleh pelanggan di masa lalu, apa yang pelanggan Anda telusuri saat sedang online. Anda juga bisa melihat kelompok usia, jenis kelamin dan juga wilayah dimana mereka tinggal. 

Baca Juga: Mengenal Aplikasi CRM serta Manfaatnya

Semua data pribadi tersebut bisa Anda gunakan untuk kampanye digital. Dibandingkan melakukan kampanye tanpa target yang jelas, Anda bisa membuat kampanye atau iklan dengan menjamin bahwa ada orang atau pemirsa yang tertarik setelah melihat item tersebut.

Untuk memaksimalkan bisnis Anda melalui pelanggan Anda bisa menggunakan software CRM. Gunakan jasa SOLTIUS untuk bisa memberikan solusi terbaik untuk bisnis Anda. SOLTIUS adalah perusahaan penyedia solusi IT berbasis bisnis terbaik di Indonesia. Kami menawarkan solusi CRM marketing digital yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda, hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/aplikasi-software-crm

Other News

Sep 29, 2025
Bagaimana SAP Datasphere Memperkuat Manajemen Data di Sektor Energi?
Sep 25, 2025
Optimasi Operasional Minyak dan Gas dengan SAP Analytics Cloud