span 1 span 2 span 3

3 Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Software CRM Indonesia

3 Langkah yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Software CRM Indonesia

Software CRM Indonesia banyak dicari oleh pebisnis. Alasannya adalah software ini akan berhubungan dengan pelanggan dimana menjadi aspek penting dalam bisnis. Semakin banyak pelanggan yang loyal akan membuat bisnis Anda berjalan dengan baik. Tidak hanya itu saja pelanggan yang puas akan mendatangkan pelanggan-pelanggan lainnya yang akan membuat daya jual bisnis menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu penting untuk menjaga hubungan yang baik dengan pelanggan ini.

Sebelum ada software ini pekerjaan yang berhubungan dengan pelanggan ini akan dilakukan dengan menggunakan Excel, sticky notes, atau kertas yang ditumpuk. Setelah itu disimpan ke lemari khusus penyimpanan data pelanggan. Penyimpanan seperti itu sangat tidak efektif karena jika data tersebut dibutuhkan sewaktu-waktu pencarian menjadi tidak mudah sehingga analisis akan terlambat dilakukan. Meski sangat bermanfaat dalam bisnis, pemilihan dan pembelian software CRM ini harus teliti dan dilakukan dengan hati-hati. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus diperhatikan sebelum memilih aplikasi CRM:

Tentukan Kebutuhan Bisnis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa menemukan software CRM Indonesia yang tepat adalah tentukan kebutuhan bisnis terlebih dahulu. Lakukan identifikasi apa yang sebenarnya perusahaan Anda butuhkan untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan perusahaan Anda terhadap aplikasi CRM tersebut. Setelah itu Anda bisa menentukan fitur seperti apa yang dibutuhkan. Dengan menitik beratkan pada masalah perusahaan, diharapkan permasalahan tersebut akan bisa di atasi dengan implementasi CRM yang tepat. Jika perusahaan memiliki proses yang unik maka akan lebih baik jika Anda mengaplikasikan CRM yang bisa dilakukan kustomisasi.

Pelajari Fiturnya

Perusahaan Anda yang ingin mengaplikasikan atau menggunakan software ini akan lebih baik jika Anda mempelajari fitur-fitur yang ada pada aplikasi tersebut. Setiap aplikasi ini memiliki fiturnya masing-masing sehingga dengan mempelajari fiturnya Anda jadi tahu apa yang aplikasi CRM tersebut tawarkan. Untuk CRM ini fitur yang ditawarkan adalah manajemen kontak yang digunakan untuk membangun dan menjaga hubungan perusahaan dengan pelanggan, manajemen lead yang digunakan sebagai pengubah lead menjadi pelanggan dengan cara yang lebih strategis, memprediksi penjualan yang digunakan untuk mengetahui kapa project itu akan selesai sesuai dengan data, meningkatkan komunikasi dimana untuk menciptakan koordinasi yang lebih baik antar karyawan dalam menyelesaikan project, menelusuri email, database yang tersentralisasi, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Peran Software CRM Indonesia dalam Perusahaan Bisnis

Selain beberapa fitur tersebut CRM juga menyediakan fitur yang lebih kompleks yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Berkat fitur-fitur tersebut bisnis Anda akan bisa lebih efisien dan menciptakan deal yang lebih cepat.

Evaluasi Vendor

Karena banyak yang membutuhkannya membuat banyak vendor berlomba-lomba menawarkan software ini. Agar Anda bisa mendapatkan software terbaik ada baiknya jika menggunakan jasa vendor yang terpercaya. Vendor yang terpercaya akan menawarkan software CRM Indonesia dengan kualitas bagus selain itu ditunjang dengan full support sehingga Anda akan bisa menggunakan software tersebut dengan nyaman dan aman. 
Selain itu Anda bisa memilih software dengan basis on-premise atau berbasis cloud. Untuk on-premise ini software akan di instal ke komputer Anda, khusus cloud sistem akan ditanam di cloud sehingga Anda akan bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja menggunakan perangkat yang sudah terkoneksi dengan internet. Saat ini banyak vendor yang berbasis cloud karena data lebih aman dan bisa melakukan manajemen pelanggan kapan pun dan dimana pun.

Aplikasi CRM ini sangat bermanfaat dan membantu bisnis untuk mendongkrak penjualan Anda, Namun untuk bisa mendapatkan manfaat dari software CRM Indonesia tersebut Anda bisa memperhatikan dan melakukan beberapa langkah di atas, yang mana memang akan memakan waktu, namun membuat Anda menjadi tidak salah pilih sehingga aplikasi bisa berfungsi seperti yang diharapkan.
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan