span 1 span 2 span 3

Ingin Menggunakan Software CRM Indonesia? Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu!

Ingin Menggunakan Software CRM Indonesia? Pertimbangkan 5 Hal Ini Terlebih Dahulu!

Software CRM Indonesia diakui bisa membantu perkembangan bisnis lebih baik. Semua bisnis kecil atau besar sangat terbantu berkat aplikasi CRM ini. Aplikasi CRM ini akan membantu bisnis Anda lebih otomatis dalam hal pekerjaan yang ada hubungannya dengan pelanggan Anda. Pada pekerjaan manual, Anda akan menggunakan Excel atau mencatatnya di buku untuk data pelanggan ini namun hal tersebut sangat tidak efektif dikarenakan data tersebut bisa hilang dan terselip kapan saja, selain itu Anda akan kesulitan dalam pencarian data pelanggan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. 

Karena memiliki tugas dan fungsi yang penting maka tidak mengherankan jika Anda wajib berhati-hati dalam memilih CRM. Implementasi dari software tersebut pun tidak akan maksimal jika salah dalam memilih.  Jangan sampai investasi CRM di perusahaan Anda juga gagal karena salah dalam pemilihan tersebut. Berikut ini ada beberapa pertimbangan yang harus perusahaan Anda perhatikan sebelum memilih software CRM Indonesia

Kebutuhan Bisnis

Identifikasi terlebih dahulu tentang apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Dengan mengetahui kebutuhan perusahaan ini Anda bisa tahu sejauh apa perusahan Anda membutuhkan software CRM ini. Caranya pun cukup mudah yaitu Anda mendata satu per satu permasalahan yang ingin Anda selesaikan dengan CRM tersebut. Menitikberatkan pada masalah yang dihadapi perusahaan akan membuat implementasi dalam CRM ini akan berhasil. Karena proses bisnis tidak ada yang tahu ke depannya maka akan lebih baik jika Anda memilih CRM yang bisa di custom.

Baca Juga: Software CRM Indonesia untuk Bisnis Keuangan 2019

Fitur CRM

Hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memilih dan membeli software CRM Indonesia ini adalah fiturnya. Ada baiknya jika Anda memahami apa saja yang CRM tersebut tawarkan. Secara garis besar software CRM ini akan menawarkan manajemen kontak sehingga Anda akan bisa menjaga hubungan dengan pelanggan lebih baik. Manajemen lead yang mana bisa membantu Anda dalam mengubah lead menjadi pelanggan dengan cara lebih strategis. Melakukan prediksi penjualan, meningkatkan komunikasi, menelusuri email, dan masih banyak lagi lainnya.  Masih ada juga software CRM yang dibekali dengan fitur lebih lengkap dimana cocok untuk perusahaan besar yang masalah dan tantangan di bidang pelanggannya lebih rumit dan kompleks.

Evaluasi

Penting bagi Anda untuk memilih dan memilah mana vendor yang benar-benar terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Vendor yang memiliki kredibilitas bagus akan memiliki testimoni positif begitu pula sebaliknya. Selain itu tentukan basisnya apakah Anda ingin software CRM Indonesia on premise atau basisnya cloud. Khusus on premise ini cocok bagi Anda yang tidak ingin memindahkan data perusahaan ke cloud akibat khawatir keamanan data kurang terjamin. Saat ini kebanyakan lebih memilih CRM Indonesia dengan basis cloud dimana aksesnya lebih mudah sehingga manajemen akan berjalan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Masalah Data Ini Bisa Diatasi Software CRM Indonesia dengan Mudah!

Budget

Hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah budgetnya. Memang dengan menginvestasikan banyak uang di CRM Anda akan bisa mendapatkan yang terbaik. Namun akan lebih baik jika Anda memilih sesuai kebutuhan dan anggaran yang sudah Anda tetapkan sebelumnya.

Demo

Pertimbangan yang terakhir adalah demo. Anda tidak akan tahu bagaimana kinerja dari CRM tersebut jika tidak dilakukan demo. Dengan demo atau percobaan Anda akan tahu seberapa efektif software tersebut untuk diterapkan di dalam perusahaan Anda. Selain demo, Anda juga harus memilih vendor yang memberikan pelatihan kepada tim Anda tentang bagaimana cara operasional CRM yang baik dan benar. Tidak hanya itu saja pilihlah yang memiliki tim suport dimana tim tersebut akan memberikan layanan terbaik kepada Anda jika software CRM yang Anda gunakan tersebut bermasalah.

Demikianlah pertimbangan yang penting diperhatikan sebelum membeli dan menggunakan software CRM Indonesia, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan