span 1 span 2 span 3

Pentingnya Software CRM Indonesia untuk Hubungan dengan Pelanggan Lebih Baik

Pentingnya Software CRM Indonesia untuk Hubungan dengan Pelanggan Lebih Baik

Software CRM Indonesia - CRM singkatan dari Customer Relationship Management. Akibat perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat membuat teknologi tersebut merambah ke berbagai aplikasi bisnis salah satunya adalah CRM ini. Slogan pembeli adalah raja memang benar, namun perusahaan tidak akan bisa memberikan pelayanan yang sama kepada semua pelanggan, karena kenyataan di lapangan tidak semua pelanggan bisa memberikan keuntungan yang maksimal.

 

Fungsi dan Manfaat CRM

Di era digital banyak perusahaan yang menggunakan berbagai tool untuk meningkatkan CRM atau Customer Relationship Management, sayangnya tool yang digunakan tidak bisa memberikan kepuasan yang maksimal. Karena ketidakpuasan dengan tool tersebut membuat perusahaan banyak melirik aplikasi CRM.

CRM sendiri memiliki pengertian berupa aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan manajemen hubungan pelanggan dan menjadi sebuah strategi pemasaran yang efektif. CRM bukan sebuah konsep namun menjadi sebuah pola yang memiliki tujuan untuk membuat customer menjadi partner perusahaan agar bisa mendapatkan keuntungan bersama.

Agar bisa meningkatkan keuntungan atau profit, pendapatan atau revenue, dan kepuasan pelanggan sebuah software CRM Indonesia harus bisa menjalankan beberapa fungsi sekaligus. Beberapa fungsi tersebut adalah mampu mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan, mengusung falsafah customer-oriented, mengadopsi pengukuran dari sudut pandang pelanggan, menyediakan dukungan pelanggan yang sempurna, menangani keluhan atau komplain pelanggan, mencatat dan mengikuti semua aspek di dalam penjualan, dan yang terakhir adalah membuat informasi holistik tentang informasi layanan dan penjualan dari pelanggan.

 

Fitur CRM yang Harus Dimiliki Saat Implementasi

Agar bisa diimplementasikan dengan baik, software CRM Indonesia harus memiliki fitur-fitur berikut ini:

  • Fitur Sales otomatis

    Otomatisasi pemasaran yang mana pemasaran bisa dilakukan secara otomatis tanpa perlu bertransaksi antara customer dengan produsen, selain itu pembayaran harus lebih fleksibel dimana pelanggan tidak perlu membawa uang cash yang banyak.
  • Fitur Call Center

    Call center yang memiliki fungsi untuk mengetahui kebiasaan konsumen, menerima keluhan dari pelanggan sehingga data yang diberikan tersebut bisa digunakan dalam perbaikan kualitas layanan maupun produk perusahaan.
  • Customer Pipeline Management Fitur

    Fitur Software CRM yang satu ini berisi informasi yang berhubungan dengan pelanggan dikumpulkan dalam satu sistem terpadu sehingga sewaktu-waktu membutuhkannya akan bisa langsung ditemukan. Data pelanggan yang sudah dikumpulkan akan di analisis untuk menampilkan petunjuk-petunjuk tertentu tentang pelanggan, kemudian staf penjualan dan marketing mampu melakukan promosi pada grup pelanggan tertentu.
  • Fitur Sistem Informasi Data Bisnis 

    Pencarian data dan analisis harus bisa dilakukan secara online. Data yang sudah terkumpul akan dipisah berdasarkan kualifikasi kemudian disimpan di dalam sistem yang bisa diakses secara online, sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan akan mudah diperoleh.
  • Report Generation Fitur

    Fitur yang terakhir adalah mengambil keputusan dan alat pelaporan dimana jika elemen di atas sudah dipenuhi proses pengambilan keputusan bisa dilakukan secara lebih bijak karena sudah memiliki data yang cukup untuk menentukan langkah yang akan diambil.

 

Kendala Penggunaan CRM

Meski software CRM Indonesia memiliki banyak fungsi dan manfaat namun dalam implementasi ada beberapa kendala yang sering terjadi dalam bisnis.  Kendala yang sering dialami meski sudah menggunakan CRM Indonesia ini adalah pelanggan akan tetap mengeluh. Yang namanya pelanggan memiliki karakteristik yang berbeda. Pelanggan dengan karakter yang rewel atau banyak permintaan akan tetap memiliki keluhan meski sudah diberikan pelayanan terbaik. Sebagai pebisnis harus mampu mengatasi hal tersebut dengan menyiapkan strategi khusus dan tepat. Kendala lainnya yang akan dialami oleh pebisnis adalah staf sales maupun marketing masih bisa menyembunyikan data. Kendala yang terakhir hubungan dengan pelanggan tetap berjalan transactional.

Software CRM penting dimiliki oleh perusahaan karena kesuksesan dan kegagalan perusahaan akan sangat tergantung dengan pelanggan. Dengan menggunakan software CRM Indonesia ini diharapkan hubungan perusahaan dan pelanggan akan bisa berjalan sesuai dengan harapan sehingga apa yang menjadi tujuan dari perusahaan bisa tercapai berkat hubungan yang baik dengan pelanggan tersebut.

 

Tips Menjalin Hubungan Dengan Pelanggan

Kunci kesuksesan bisnis jangka panjang adalah kemampuan menjalin dan menjaga hubungan baik dengan pelanggannya. Dengan menjalin hubungan yang baik, tentu saja membuat pelanggan tetap ingin bertransaksi dengan perusahaan Anda. Ini dia beberapa tipsnya berikut.

  1. Kenali pelanggan secara personal

  2. Jangan hanya berfokus pada penjualan produk atau jasa

  3. Adakan acara customer gathering

  4. Meminta umpan balik atau feedback

  5. Jujur dalam bertransaksi

  6. Profesional mengakui kelalaian

  7. Berikan reward atau penghargaan

 

Soltius Software CRM Terbaik

Setelah menyimak informasi menarik yang bermanfaat mengenai Software CRM Indonesia, Anda tentu bingung untuk menentukan vendor atau penyedia layanan software ini. Tidak perlu khawatir, Soltius adalah pilihan yang tepat. Soltius menempatkan diri sebagai perusahaan yang terus mengembangkan layanan melalui kerjasama dengan para klien. Berbagai masalah dan tantangan dalam praktik bisnis akan diidentifikasi melalui serangkaian solusi software dan hardware.

Kapasitas perusahaan juga telah mendapatkan pengakuan publik dengan bukti penerima GOLD Certified SAP Channel Partner & Value-Added Reseller dan sertifikat SAP Value Added Reseller Support Centre. Soltius juga telah berlisensi resmi sebagai Certified National Implementation Partner. Layanan perusahaan dirintis sejak awal didirikan dengan terus upaya memposisikan bisnis berbasis teknologi. Bisnis berbasis teknologi bukan semata praktik yang menggunakan perangkat-perangkat tercanggih, namun juga ditunjang oleh sistem paling cepat dan terpercaya.

 

 

Artikel Menarik Lainnya :

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia