span 1 span 2 span 3

4 Manfaat Aplikasi CRM untuk Bisnis Properti

4 Manfaat Aplikasi CRM untuk Bisnis Properti

Aplikasi CRM – Teknologi adalah bagian terpenting dari bisnis. Tanpa teknologi tersebut perusahaan tidak akan bisa berkembang secara maksimal. Terlebih lagi saat ini adalah era globalisasi dan digital sehingga bisnis yang tidak bisa beradaptasi akan mudah tergeser eksistensinya dengan bisnis yang lebih siap menghadapi era tersebut. Oleh sebab itu jika dulu teknologi dianggap tidak penting dalam sebuah bisnis, berbeda dengan saat ini dimana bisnis yang lebih sigap terhadap perkembangan teknologi akan lebih maju dan berkembang.

Salah satu wujud teknologi yang berkembang dengan pesat adalah CRM. CRM ini bisa di aplikasikan dalam berbagai macam bisnis. Selain bisa digunakan dalam bisnis perbankan, CRM juga sangat bermanfaat dalam bisnis real estate atau property.  Bisnis property ini membutuhkan CRM agar bisa bekerja lebih baik dan semakin mendekatkan dengan prospek maupun pelanggan. Saat perusahaan semakin dekat dengan pelanggan maka mereka akan semakin memberikan kepercayaan kepada perusahaan, dimana hal tersebut memiliki efek berupa pelanggan akan berani mengeluarkan uang lebih banyak untuk perusahaan.

 

Manfaat CRM untuk Bisnis Properti

Di dalam aplikasi CRM memiliki banyak fitur yang bisa menyelesaikan masalah dalam bisnis property atau real estate terutama yang berhubungan dengan sales atau pelanggan.  CRM ini akan membantu pebisnis bisa menjalankan proses yang tadinya rumit menjadi lebih sederhana. Berikut ini ada beberapa manfaat yang akan bisa didapatkan bisnis property dengan menggunakan aplikasi ini:

 

  1. Membuat jaringan

Manfaat yang pertama adalah membuat jaringan. Yang terpenting dalam bisnis property atau real estate adalah memiliki jaringan. Untuk bisa menjalankan bisnis property ini pebisnis harus mencari orang yang mana bisa membantunya terhubung dengan orang lain yang membutuhkan bisnis property tersebut. Dengan jaringan tersebut peluang terjadinya pembelian akan menjadi lebih mudah.

 

  1. Menyimpan data prospek

Manfaat selanjutnya adalah menyimpan data prospek melalui panggilan telepon, email, atau melalui SMS. Apa jadinya jika kontak pelanggan tersebut tidak tersimpan di dalam satu tempat, tentu pebisnis akan menjadi kesulitan untuk menemukan kontak tersebut. Hal yang sangat mungkin terjadi adalah kontak menjadi hilang karena sistem penyimpanan tidak terpusat. Berbeda jika menggunakan CRM ini dimana kontak pelanggan tersebut akan tersimpan di dalam satu tempat, sehingga sewaktu-waktu data tersebut diperlukan pebisnis akan mudah dalam menemukannya.

 

  1. Mengukur hasil marketing

CRM juga bisa digunakan untuk mengukur hasil marketing. Misalnya saja perusahaan sedang mengadakan event Property Expo atau Open House di showroom yang dimiliki. Saat event tersebut berlangsung mungkin kontak maupun leads yang berhasil dihimpun tersebut bisa puluhan bahkan sampai ratusan. Tanpa menggunakan bantuan aplikasi ini pebisnis akan kesulitan dalam memilah dan melacak leads-leads yang datang pada event tersebut. Kesulitan lainnya adalah sulit mengetahui apakah pengunjung sudah pernah datang atau belum. Cara manual akan membuat Anda bisa menyimpan data orang yang sama sampai dengan 10 kali dalam event yang mungkin berbeda, sedangkan CRM bisa menampilkan data dengan cepat sehingga pengunjung yang pernah datang di event tersebut akan bisa mudah diketahui.

 

  1. Follow up pelanggan

Yang terakhir adalah manfaat aplikasi CRM untuk bisnis property adalah bisa digunakan untuk follow up pelanggan.  Jika tidak dilakukan follow up akan sulit untuk terjadi closing sehingga tindakan ini diperlukan sekali.  Cara manual tidak akan bisa membuat pebisnis melakukan follow up dengan baik. Misalnya saja adalah pelanggan menginginkan rumah dengan tipe 21, pebisnis malah menjelaskan rumah dengan tipe 45. Tentu saja hal tersebut akan menjadi hal fatal yang akan membuat pelanggan pergi dan kecewa.

Demikianlah beberapa manfaat aplikasi CRM untuk bisnis property yang penting untuk diperhatikan, semoga informasi ini bermanfaat. Untuk informasi lebih detail mengenai aplikasi CRM Anda bisa melihatnya disini : https://www.soltius.co.id/id/solutions-by-products/aplikasi-software-crm

 

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

May 21, 2024
Panduan Lengkap untuk Memahami Private Cloud dan Public Cloud
Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...