span 1 span 2 span 3

4 Pertimbangan Sebelum Menggunakan HR Software Indonesia

4 Pertimbangan Sebelum Menggunakan HR Software Indonesia

HR software Indonesia – Pada masa modern seperti saat ini semua industri mulai beralih mengandalkan software sebagai alat untuk mencapai tujuannya. Semua proses bisnis seperti penjualan produk, keuangan, sistem pelayanan konsumen, pengadaan barang, sampai dengan pergudangan membutuhkan proses yang efektif, akurat, namun efisien. Selain itu bagian manajemen sumber daya manusia atau HRD juga membutuhkan software yang mana bisa menjalankan operasionalnya lebih efektif. Seperti yang diketahui bahwa HRD ini memiliki fungsi yang kompleks seperti mengatur penggajian, memproses cuti atau perizinan, merekap absensi, dan lain sebagainya. Jika tidak dibantu oleh sistem maka HRD tidak akan bisa menjalankan tugasnya tersebut lebih efektif dan efisien.

Meski begitu tidak semua HR software ini tepat digunakan oleh perusahaan. Misalnya perusahaan A cocok dengan HR software A, sedangkan perusahaan Anda belum tentu cocok menggunakannya. Untuk mendapatkan HR software Indonesia terbaik, ada beberapa pertimbangan yang harus perusahaan pikirkan seperti berikut ini:

 

Biaya Investasi

Hal pertama yang penting dipikirkan adalah biaya investasi.  Biaya investasi ini merupakan biaya yang harus perusahaan keluarkan untuk membeli dan menggunakan aplikasi tersebut. Biaya investasi ini menjadi pertimbangan yang penting karena belum tentu software HR termahal cocok digunakan untuk perusahaan Anda. Terlebih lagi jika perusahaan memiliki anggaran terbatas untuk IT ada baiknya jika menyiasatinya dengan mengambil free trial atau demo.  Dengan hal tersebut Anda akan tahu apakah software tersebut cocok digunakan untuk bisnis Anda atau tidak.

 

Bagaimana Perusahaan Tumbuh dan Berkembang

HR yang dipilih ini ada baiknya memiliki gambaran tentang masa depan bisnis perusahaan yang berpengaruh terhadap kebijakan ketenagakerjaan. HR yang dipilih tidak hanya memecahkan masalah yang dihadapi pada hari ini saja namun mengantisipasi jika ada tantangan baru yang mungkin akan timbul di masa yang mendatang. Sebagai contoh HR terbaik bisa menambahkan jam operasional perusahaan, mampu memberikan variabel tunjangan, fitur absensi karyawan berbasis software online yang mana dihubungkan pada penghitungan gaji dan tunjangan kehadiran.

 

Kemampuan Integrasi

Pertimbangan memilih HR software Indonesia selanjutnya adalah kemampuan integrasi. Jangan pernah memilih software dengan kemampuan integrasi buruk karena tidak akan memberikan performa yang maksimal terhadap perusahaan.­ Software terbaik ini akan bisa mengintegrasikan data dan juga menyajikan hasil akhir yang siap dipakai yang aman tentunya lebih menguntungkan dibandingkan dengan software maupun aplikasi yang hanya menghasilkan data mentah. Sebagai contohnya adalah penghitungan gaji karyawan software harus bisa di integrasikan dengan data tunjangan, PPh 21, insentif lembur, dan lain sebagainya.

 

Persiapan Internal

Perusahaan harus mempertimbangkan persiapan internal sebelum menggunakan HR software. Yang dimaksud internal ini adalah apakah administrator berhak mengakses data keseluruhan atau hanya data tertentu saja lalu fitur apa saja yang bisa digunakan administrator tersebut. Selain itu wajib menganalisis apakah SDM perusahaan siap menggunakan sistem yang canggih tersebut atau tidak. Semua persiapan-persiapan internal tersebut berhak dianalisis dengan baik agar software mampu difungsikan secara maksimal.

 

Akibat Salah Memilih HR Software

Kesalahan yang bisa dirasakan oleh perusahaan yang salah memilih software HR ini adalah sudah mengeluarkan budget yang besar setiap tahunnya namun fungsi dari software tersebut tidak dirasakan maksimal. Memang perusahaan bisa membuat aplikasi dengan fitur sesuai dengan permintaan namun software tersebut di banderol dengan harga yang fantastis. Nyatanya masih saja ada beberapa software HR yang dibuat sesuai permintaan namun tetap kaku dan tidak fleksibel terhadap perubahan Undang-Undang dan juga perubahan yang lainnya. Oleh sebab itu selain mempertimbangkan beberapa hal yang telah disebutkan di atas penting bagi perusahaan untuk tepat memilih software yang fleksibel terhadap perubahan yang mana bisa terjadi kapan saja.

Demikianlah beberapa pertimbangan sebelum menggunakan HR software Indonesia yang penting diperhatikan, pastikan jika Anda memilih vendor kredibel dan terbaik untuk mendapatkan software yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Untuk informasi lebih detail mengenai HR software Anda dapat melihatnya disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Artikel Menarik Lainnya : 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan