span 1 span 2 span 3

6 Tugas Pokok Talent Acquisition yang Penting Diperhatikan

6 Tugas Pokok Talent Acquisition yang Penting Diperhatikan

Talent Acquisition atau akuisisi bakat ini merupakan istilah yang terkenal dalam HR. HR atau Human Resources ini sangat penting bagi perusahaan karena bagian inilah yang akan mengatur sumber daya manusia atau karyawan yang ada di dalam perusahaan.  

Bagi karyawan mungkin akuisisi bakat ini masih membingungkan. Perusahaan besar maupun industri yang sudah profesional yang berkutat dalam bidang teknologi, keuangan, kesehatan dan sebagainya sudah menggunakan spesialis akuisisi bakat.

Spesialis akuisisi bakat ini akan memfasilitasi perusahaan dan pekerja yang ada dan memiliki profil yang tinggi. Mereka ini bisa menilai kebutuhan personil yang ada pada tiap departemen kemudian melakukan identifikasi kandidat yang memiliki talenta tinggi. Spesialis akuisisi bakat ini juga ikut berpartisipasi dalam wawancara maupun proses rekrutmen.

Tugas Pokok

Ada beberapa tugas talent acquisition yang penting diperhatikan berikut ini:

1. Melakukan perencanaan

Tugas pertama adalah harus tahu bagaimana melakukan perencanaan dengan baik. Perencanaan ini meliputi pertimbangan secara menyeluruh. Selain itu juga memahami berbagai macam yang ada hubungannya dengan organisasi atau perusahaan, apa yang menjadi kebutuhan perusahaan, apa yang menjadi tekanan atau hambatan dan bagaimana kondisi di lapangan kerja. 

Sebagai seorang HR yang profesional ini penting bagi Anda untuk bisa mencari orang yang tepat untuk bisa menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Tidak hanya kompeten dalam pekerjaan saja namun juga cocok dengan budaya yang diberlakukan perusahaan.

Baca Juga: Menerapkan Strategi Talent Management? Pertimbangkan 3 Hal Ini!

2. Branding

Talent acquisition ini harus bisa melakukan branding karyawan. Individu terbaik ini harus bisa memenuhi kualifikasi kandidat yang mana dibutuhkan dan tidak hanya dicari oleh perusahaan. Untuk bisa mendapatkannya HR ini harus bisa membangun profile perusahaan dengan baik dan juga menarik. HR harus bisa memberikan gambaran yang spesifik apa yang menjadi tujuan organisasi, budaya kerja seperti apa dan gambaran kerja yang digambarkan secara realistis. 

Branding karyawan ini adalah bisa menggambarkan seperti apa rasanya bekerja di perusahaan.  Orang-orang terbaik yang berminat bergabung di perusahaan ini bisa dikarenakan branding karyawan yang dilakukan oleh spesialis akuisisi bakat.

3. Memenuhi Kebutuhan Perusahaan

HR yang akan melakukan rekrutmen ini harus bisa membuat profil atau kriteria orang yang cocok bekerja di perusahaan.  Untuk profil kandidat ini sudah pasti berbeda dimana hal ini tergantung dengan kebutuhan dan juga jenis kinerjanya. Oleh sebab itu seorang spesialis akuisisi bakat harus memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau SDM yang mumpuni.

4. Pengalaman kerja yang memuaskan

Memastikan apakah karyawan tersebut memiliki pengalaman kerja yang memuaskan atau tidak menjadi sebuah keharusan karena ini nantinya akan berhubungan dengan perusahaan Anda sendiri. Setelah memilih kandidat penting untuk melakukan kandidat relationship manajemen.

5. Inbound marketing

Tugas dari spesialis akuisisi bakat selanjutnya adalah melakukan inbound marketing.  Sebelum merekrut karyawan ini seorang spesialis akuisisi bakat akan menarik perhatian para pencari kerja untuk bisa melamar di perusahaan. 

Baca Juga: Pengertian dan Manfaat Talent Management System pada Sebuah Perusahaan

6. Filtering and selection

Seorang spesialis akuisisi bakat adalah filtering dan melakukan seleksi.  Marketing dan branding yang baik akan membuat perusahaan Anda mendapatkan banyak pelamar. Dari sekian banyak kandidat yang melamar tersebut perusahaan akan menentukan berbagai macam parameter yang sudah ditentukan. Beberapa parameter tersebut adalah kualifikasi pendidikan, skill kepribadian, tujuan karir dan sebagainya.

Menjadi seorang HR ini memang sulit.  Sumber daya manusia yang ada di perusahaan ini sangat tergantung dengan kinerja HR di perusahaan. Untuk membantu divisi HR dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya Anda bisa menggunakan solusi dari kami. 

Kami dari SOLTIUS menjadi perusahaan penyedia solusi IT berbasis bisnis terbaik di Indonesia. Untuk bisa memudahkan tugas talent acquisition kami memiliki solusi berupa SAP HCM dan juga SAP Successfactors HCM berbasis cloud yang bisa dijadikan sebagai strategi untuk menarik bakat yang tepat, hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau klik link berikut ini : https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/success-factors?category=human-capital-management-system

Other News

Sep 29, 2025
Bagaimana SAP Datasphere Memperkuat Manajemen Data di Sektor Energi?
Sep 25, 2025
Optimasi Operasional Minyak dan Gas dengan SAP Analytics Cloud