span 1 span 2 span 3

Mengintip Konsep Warehouse Management System dan Keuntungannya

Mengintip Konsep Warehouse Management System dan Keuntungannya

Warehouse Management System atau yang lebih dikenal dengan WMS merupakan salah satu hal yang memiliki peranan penting dalam hal operasional pergudangan. Dengan menggunakan konsep satu ini, tentu saja akan memiliki dampak yang bagus dan pekerjaan pun menjadi lancar. Untuk anda yang belum tahu, berikut konsep warehouse management system dan keuntungannya.

Apa itu Konsep Dari WMS?

WMS merupakan salah satu konsep yang bisa anda terapkan pada pergudangan. Disini anda akan mengenal konsep yakni First In First Out atau yang dikenal dengan FIFO. Dengan adanya konsep ini, membuat barang barang yang pertama atau awal masuk ke dalam gudang, juga menjadi barang pertama pula yang harus keluar dari gudang.

Atau untuk istilahnya, barang yang pertama untuk diantrekan atau dikeluarkan dalam gudang. Selain itu, ada pula konsep lain dari WMS yang perlu anda tahu, yakni Last In Last Out atau LIFO. Ketika menerapkan konsep satu ini, maka barang terakhir masuk ke dalam gudang, juga menjadi barang terakhir pula yang keluar dari gudang. Contohnya adalah pada barang seperti pasir.

Sedangkan untuk konsep warehouse management system lainnya yang perlu anda tahu dikenal dengan FEFO. FEFO sendiri memiliki artian yakni First Expired First Out. Untuk konsep satu ini memiliki artian yakni barang barang yang memiliki tanggal kadaluarsa paling dekat, haruslah dikeluarkan terlebih dahulu dari gudang.

Baca Juga: Hindari Kerugian! Buat Pergudangan Modern Lebih Cepat dan Akurat dengan Sistem Terbaik!

Biasanya untuk jenis barang satu ini, contohnya seperti bahan bahan makanan, minuman, hingga suplemen dan obat obatan. Biasanya WMS ini akan memiliki barcode atau yang sering disebut dengan kode unik yang digunakan untuk melakukan identifikasi pada barang yang telah terintegrasi pada seluruh cabang perusahaan yang ada. Sehingga akan lebih memudahkan karyawan yang bekerja di gudang nantinya.

Dengan begitu nantinya konsep manajemen gudang ini akan mampu untuk memberikan lokasi barang maupun penempatan barang yang direkam dengan memakai scan barcode maupun kode unik tersebut. Adanya barcode tersebut akan bertujuan agar nantinya tidak ada barang yang tertinggal.

Keuntungan Menggunakan Konsep WMS

Keuntungan yang anda dapatkan ketika menggunakan salah satu konsep warehouse management system yakni lebih mudah untuk mengatur penyimpanan. Hal ini dikarenakan dengan adanya konsep wms ini akan memudahkan anda di dalam mengatur tempat untuk penyimpanan barang.

Selain itu, untuk barang barang yang telah masuk ke dalam gudang akan jauh lebih mudah dan gampang untuk diatur dalam sistem penyimpanannya. Biasanya barang barang tersebut akan diatur dengan memakai peralatan yang dimiliki oleh sistem tersebut. Selain itu, dengan adanya wms ini akan memudahkan anda ketika menggunakan sistem FIFO.

Baca Juga: Buat Aktivitas Pergudangan Modern Bisnis Anda Lebih Lancar dengan WMS Terbaik!

Keuntungan selanjutnya yang bisa anda dapatkan adalah kecepatan di dalam handling proses. Dengan penerapan dari wms yang ada dalam sistem pergudangan anda, akan berfungsi untuk meningkat kecepatan pada lead time proses. Hal ini dikarenakan dapat dilakukan dengan menggunakan sistem yang lebih up to date.

Sedangkan keuntungan lain menggunakan konsep warehouse management system adalah mampu untuk meminimalisir anggaran untuk karyawan. Hal ini dikarenakan dengan menerapkan sistem satu ini, maka sistem yang ada pada manajemen pergudangan akan lebih tepat dan dapat meminimalisir anggaran untuk menggaji karyawan. Sebab, anda telah menggunakan sistem wms satu ini.

Dengan adanya warehouse management system atau manajemen pergudangan ini, disinyalir akan memberikan manfaat pada perusahaan anda. Hal ini dikarenakan dengan adanya konsep ini akan membantu untuk meringankan pekerjaan karena telah menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Dimana dulunya masih menggunakan manual. Untuk anda yang tertarik, bisa mengunjungi halaman Soltius.

hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/sap-ewm-warehouse-management-system
 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan