span 1 span 2 span 3

Adakah Perbedaan HR dan HCM? Simak Selengkapnya Disini!

Adakah Perbedaan HR dan HCM? Simak Selengkapnya Disini!

Perbedaan HR dan HCM ini penting diketahui pebisnis. Bagi pebisnis pemula atau orang awam masih banyak yang belum mengetahui apa itu HR dan juga HCM. HR ini lebih dikenal dengan Human Resources Management. HRM digunakan sebagai penentu aspek manusia di dalam posisi manajemen dan juga untuk melatih karyawan. Selain itu juga untuk menilai dan juga memberikan kompensasi kepada karyawan. HRM ini menganggap karyawan sebagai sumber daya dimana pada suatu waktu sumber daya itu akan habis.

HCM sendiri merupakan manajemen sumber daya manusia yang mana sering dikenal sebagai serangkaian organisasi perusahaan. HCM digunakan untuk mengelola dan mengembangkan talenta dan juga bisa melakukan optimalisasi karyawan dan sumber daya utama di dalam bisnis.

Perbedaan

Meski terlihat sama namun ada beberapa perbedaan HR dan HCM.  HR ini merupakan manajemen daya manusia yang memang diisi program-program yang mana berhubungan dengan karyawan. HR ini juga akan memberikan fasilitas agar bisa mencapai tujuan perusahaan. HR ini fungsinya adalah untuk mendukung pelaksanaan strategi bisnis perusahaan sehingga karyawan bisa berkontribusi dalam mencapai tujuan organisasi perusahaan. 

Perbedaan HRM dengan human capital ini adalah memandang manusia sebagai kunci untuk bisa mencapai tujuan organisasi. Tidak hanya sebagai pendukung saja namun untuk melaksanakan sebagai tujuan organisasi. Saat ini human capital dijadikan sebagai fokus terhadap langkah strategis untuk pengembangan skill maupun talenta SDM. Perbedaan human capital yang paling mendasar adalah HCM ini adalah sumber daya manusia ini adalah aset yang berharga dan bisa digunakan untuk mengganti SDM yang lainnya.

Baca Juga: 3 Perbedaan HR dan HCM, Pebisnis Wajib Tahu!

Dari penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa kontribusi SDM ini sangat penting dan juga menjadi aset dari perusahaan dimana tidak bisa digantikan oleh sumber daya manusia lainnya. Berbeda dengan HRM ini saat kontrak karyawan habis atau sumber dayanya sudah habis karyawan akan bisa digantikan dengan karyawan yang lainnya.

HCM lebih Banyak Dipilih Perusahaan

Perbedaan HR dan HCM yang paling terasa adalah saat ini HCM lebih banyak dipilih oleh perusahaan. Perusahaan sudah semakin sadar jika karyawan adalah aset yang harus dijaga dan talenta yang dimilikinya harus dikembangkan dengan baik. Tingkat keluar masuk karyawan yang tinggi karena sistem kontrak yang berakhir juga bukan menjadi solusi yang baik dan tepat untuk perusahaan dikarenakan rekrutmen karyawan tidak selalu mudah terlebih lagi jika dilakukan secara manual.

Human Capital Management ini lebih sulit jika dibandingkan dengan HR. Agar HCM bisa terlaksana dengan baik ada beberapa komponen skill yang harus dimiliki seperti berikut:

  • Intelektual

Hal pertama adalah modal intelektual. Modal ini membuat seseorang bisa berpikir dan memikirkan sesuatu dan juga menghasilkan ide baru. Modal ini tidak hanya berpatokan pada tingkat pendidikan namun dari pemikiran dimana hasil dan gagasannya berkualitas.

Baca Juga: Jadikan 4 Program HRD di Perusahaan ini Sebagai Strategi untuk Memajukan Bisnis

  • Emosional dan ketabahan

Emosional merupakan kemampuan seseorang untuk memanajemen emosinya. Memahami emosi orang lain dan melakukan tindakan tepat untuk berinteraksi dengan orang tersebut. Modal ketabahan menjadi kunci sukses agar mampu menjalani kehidupan pribadi maupun organisasi di perusahaan. Mereka yang sering mengalami kesulitan dalam berbagai persoalan ini akan memandang masalah yang dihadapi lebih solutif.

  • Sosial dan moral

Sosial ini erat hubungannya dengan manusia. Sebagai makhluk sosial manusia harus saling menghargai perbedaan. Baik di lingkungan masyarakat maupun organisasi.  Sedangkan untuk moral ini adalah kemampuan karyawan dalam integrasi nilai moral maupun perilaku. Modal ini juga membuat karyawan lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaan memiliki sifat penyayang dan kepedulian tinggi, pemaaf dan sebagainya.

Jika selama ini Anda sulit melakukan manajemen dan pengembangan karyawan sudah saatnya menggunakan sistem HCM. Anda bisa menggunakan jasa SOLTIUS untuk membantu Anda menerapkan HCM secara efektif dan efisien. Sistem HCM kami mampu menentukan strategi SDM yang sukses untuk bisnis Anda. Semoga beberapa penjelasan perbedaan HR dan HCM diatas bermanfaat untuk Anda, silahkan hubungi kami untuk mendapatkan informasi maupun berkonsultasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia