span 1 span 2 span 3

Buat Rantai Pasokan Lebih Maksimal dengan Digital Supply Chain

Buat Rantai Pasokan Lebih Maksimal dengan Digital Supply Chain

Digital Supply Chain – Selama tiga puluh terakhir logistik telah mengalami perubahan yang luar biasa dari operasional murni yang dilaporkan dari penjualan atau manufaktur dan berfokus memastikan pasokan jalur produksi, pengiriman ke pelanggan sampai dengan fungsi manajemen rantai pasokan independen di beberapa perusahaan.

Fokus fungsi dari manajemen rantai pasokan telah bergeser di proses perencanaan lanjutan seperti perencanaan permintaan analitis atau SOP yang terintegrasi. Logistik operasional ini sering dialihkan ke pihak ketiga dan fungsi rantai pasokan ini adalah memastikan operasi yang terintegrasi dari pelanggan ke pemasok.

Kemampuan Digital Supply Chain

Perusahaan akan mendapatkan panduan yang dibutuhkan untuk menangkap visibilitas waktu nyata dan ujung ke ujung rantai pasokan. Kombinasi teknologi yang disempurnakan untuk pengambilan keputusan berdasarkan dengan data besar dan juga analytic yang canggih. Kreativitas dan kolaborasi manusia ini akan menerapkan solusi rantai pasokan yang canggih dan mengoptimalkan operasi rantai pasokan. Ada beberapa kemampuan digital supply chain yang penting untuk diperhatikan oleh pebisnis berikut ini:

  • Membuat skenario perencanaan yang tepat

Perusahaan konsultan terbaik dan terpercaya dengan sistem rantai pasokan digital memungkinkan klien untuk bisa mencapai perencanaan yang didukung oleh AI atau kecerdasan buatan.  Dengan AI ini perusahaan akan bisa memperkirakan permintaan, perencanaan operasi, dan juga membuat alokasi volume di seluruh aset. Skenario ini akan memungkinkan perusahaan membangun model perencanaan yang ketat dan tidak hanya mengandalkan pedoman umum untuk mengoptimalkan set seperti rencana pemeliharaan penumpukan inventaris dan lain sebagainya.

Baca Juga: Pentingnya Penggunaan Smart Mobile Supply Chain bagi Perusahaan

  • Kontrol yang lebih baik

Saat rantai pasokan semakin komplek dan kritis, visibilitas dalam operasi ini sangat dibutuhkan. Untuk mengelola risiko ini digital supply chain akan memberikan kontrol rantai pasokan yang lebih baik. Jika Anda menggunakan vendor yang terpercaya konsultan mereka akan bisa mengembangkan dan menerapkan solusi kontrol dengan memberikan pandangan terpusat tentang status operasional bisnis dari ujung ke ujung dan juga memungkinkan diagnosis yang cepat dan juga resolusi yang cepat untuk masalah sehari-hari. 

  • Lintas fungsi

Dengan menggunakan digital supply chain akan memudahkan Anda dalam setiap transformasi digital. Rantai pasokan digital ini mengaktifkan kolaborasi lintas fungsi di dalam tim dan bekerja dengan pola pikir yang lincah dan gesit. Perusahaan yang akan menggunakan sistem ini akan bergerak lebih cepat dan juga menciptakan solusi dan nilai yang cepat pula. Hal ini akan membuat semua tim fokus pada satu tujuan dan layanan pelanggan bisa dioptimalkan.

Baca Juga: Mengenal Mobile Supply Chain yang Bermanfaat Dalam Bisnis

Menilai Rantai Pasokan Digital

Dengan mempertahankan efisiensi dasar Anda bisa memeriksa bagaimana perusahaan Anda memanfaatkan platform digital ini untuk mengubah proposisi nilai Anda. Selain itu rantai digital  Anda akan memungkinkan kecepatan pertumbuhan keseluruhan perusahaan. Anda tidak bisa dan tidak seharusnya melakukan semuanya. Cari apapun yang bisa membuat dampak yang tidak proporsional pada pertumbuhan dan profitabilitas perusahaan. Anda bisa memerlukan area fokus baru seperti KPI tambahan untuk meningkatkan pangsa pasar dan pendapatan, alat pelacakan baru, dan memiliki lebih banyak tata kelola lintas fungsi.        

Manfaatkan kemampuan digital untuk mengakses dan berbagi data sekaligus mengelola risiko keamanan cyber. Dengan melakukan strategi digital ini Anda bisa mengubah rantai pasokan supercepat, fleksibel dan juga sangat kolaboratif untuk membuat layanan pelanggan yang jauh lebih unggul. Anda bisa berkonsultasi dengan SOLTIUS untuk mendapatkan solusi rantai pasokan yang jauh lebih maksimal. Kami merupakan perusahaan konsultan dan penyedia IT terbaik di Indonesia dengan klien lebih dari 200 mitra. Kami dipercaya perusahaan kecil sampai dengan  besar untuk bisa memaksimalkan rantai pasokan lebih maksimal.

Hubungi kami untuk mendapatkan solusi digital supply chain terbaik untuk bisnis Anda, klik disini untuk layanan mobile supply chain.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan