span 1 span 2 span 3

Definisi SAP Indonesia dan Manfaat Penggunaannya bagi Perusahaan

Definisi SAP Indonesia dan Manfaat Penggunaannya bagi Perusahaan

System Application and Product atau yang disingkat SAP sudah marak digunakan di Indonesia sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Sistem ini umum digunakan oleh perusahaan yang sedang berkembang untuk meraih efisiensi dan pertumbuhan profit. Dan jika Anda pun ingin mengembangkan perusahaan, tak ada salahnya jika menggunakan sistem SAP ini.

Oleh karena itu untuk mengenal SAP lebih dalam, pada kesempatan kali ini akan kami bagikan informasi terkait definisi SAP Indonesia dan manfaat penggunaannya bagi perusahaan Anda. Berikut ulasannya:

Definisi System Application and Product (SAP)

System Application and Product (SAP) merupakan sistem yang berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) yang umum digunakan oleh perusahaan untuk membantu proses perencanaan dan pengelolahan data manajemen. Dalam perannya, SAP mendukung beberapa tugas operasional perusahaan.

Dalam menjalankan fungsinya, SAP terdiri dari beberapa modul yang bisa terintegrasi secara otomatis dalam menjalankan beberapa tugas sekaligus. Dan berikut ini beberapa modul yang terdapat pada SAP beserta masing-masing perannya:

  1. Material Management

Modul yang pertama ini berfungsi untuk membantu kegiatan pembelian dan pengelolaan inventaris perusahaan.

  1. Sales and Distribution

Modul sales and distribution berfungsi untuk meningkatkan efisiensi kegiatan operasional terkait dengan proses sales, billing, shipping, dan berbagai pengelolaan order lainnya.

  1. Production Planning

Modul production planning akan bertugas untuk mengontrol aktivitas dari proses perencanaan kegiatan produksi perusahaan Anda.

  1. Financial Accounting

Kerja modul ini untuk melakukan konsolidasi laporan keuangan terkait dengan akuntansi keuangan perusahaan. Sehingga seluruh prosesnya bisa dikerjakan dengan satu sistem yang pastinya akan mempermudah pembuatan laporan nantinya.

  1. Controlling

Modul controlling pada SAP akan memonitoring pengelolaan data pada setiap divisi agar lebih efisien.

BACA JUGA : Mengenal SAP Indonesia dan Manfaatnya.

Manfaat Penggunaan SAP bagi Perusahaan

Dari definisi SAP di atas, maka bisa disimpulkan jika penggunaan SAP berperan sangat penting untuk meningkatkan efisiensi manajemen perusahaan. Dengan adanya SAP, berbagai proses manajemen dan pengelolahan data bisa dilakukan dengan satu langkah yang efektif. Selain itu, masih ada lagi beberapa manfaat lain dari penggunaan SAP, yaitu sebagai berikut:

  1. Peran Monitoring dan Controlling

Dengan penggunaan SAP yang tepat, maka perusahaan bisa meningkatkan monitoring dan controlling untuk setiap divisi yang ada. Tingkat konsistensi pengawasan juga lebih efisien sehingga SOP perusahaan dapat berjalan maksimal.

  1. Efisiensi Perencanaan Produksi

SAP yang terintegrasi dengan ERP akan bekerja secara maksimal sehingga setiap perencanaan produksi bisa berjalan dengan efisien. Ketika Anda tidak menggunakan SAP, maka perencanaan produksi akan dilakukan secara manual dengan waktu yang lebih lama karena pengambilan data dan pengolahannya sangat rumit.

  1. Peningkatan Layanan Konsumen

SAP mampu melihat data atas respon konsumen dan trend pasar. Tentunya dengan demikian proses pengambilan keputusan bisa menjadi lebih cepat karena tolak ukurnya merupakan data yang aktual dan faktual.

  1. Memaksimalkan Penjualan dan Pendistribusian

Manfaat lainnya dari SAP adalah membuat proses pendistribusian dan penjualan menjadi lebih efisien. Data pendistribusian akan terkumpul dalam satu sistem dan penghitungan atas penjualan juga langsung otomatis terintegrasi. Hal ini pastinya mampu meningkatkan angka penjualan karena sumber daya yang ada mampu lebih dimaksimalkan.

Dan itulah beberapa ulasan seputar definisi SAP Indonesia serta manfaat penggunaannya bagi perusahaan. Dengan adanya SAP ini pastinya kemudahan dalam proses pengembangan perusahaan bisa dengan lebih mudah dilakukan. Jadi, tak perlu ragu lagi untuk menggunakan sistem ini agar perusahaan Anda lebih terintegrasi dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya : 

 

 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan