span 1 span 2 span 3

Digital Supply Chain: Solusi Terbaik Menghadapi Rantai Pasokan yang Kompleks

Digital Supply Chain: Solusi Terbaik Menghadapi Rantai Pasokan yang Kompleks

Digital supply chain – Tantangan dari rantai pasokan semakin kompleks dimana bisnis banyak berjuang untuk memenuhi tantangan rantai pasokan yang semakin menuntut. Perusahaan diharuskan untuk merasakan fluktuasi permintaan jauh-jauh hari dan mengambil tindakan yang gesit dan tegas untuk menanggapinya. Kurangnya transparansi, proses yang kompleks dan hubungan mitra yang buruk ini akan mempengaruhi rantai pasokan bisnis perusahaan.

Untuk memaksimalkan rantai pasokan Anda bisa menerapkan Digital supply chain. Digital supply chain adalah layanan komprehensif yang mengintegrasikan data master di rantai pasokan Anda dengan perencanaan, pelaksanaan, dan juga wawasan berdasarkan dengan kerangka kerja yang terbukti komprehensif. 

Memaksimalkan Operasi Rantai Pasokan

Solusi rantai pasokan berbasis digital ini akan memaksimalkan operasi rantai pasokan di perusahaan Anda. Beberapa operasi tersebut diantaranya:

  • Perencanaan permintaan

Operasi rantai pasokan yang bisa dimaksimalkan adalah rencana permintaan. Menempatkan permintaan pelanggan ini menjadi hal yang penting dalam rantai pasokan. Rantai pasokan digital ini akan memunculkan model bisnis baru yang inovatif dan menghasilkan peningkatan pendapatan, profitabilitas dan juga modal kerja serta kepuasan pelanggan. 

Baca Juga: Buat Rantai Pasokan Lebih Maksimal dengan Digital Supply Chain

  • Data master

Pada saat berbisnis, bisnis berisiko untuk tenggelam dalam lautan data yang luas. Dengan menggunakan rantai pasokan digital ini Anda akan mendapatkan solusi berupa manajemen data master. Manajemen ini akan menggabungkan entitas rantai pasokan utama seperti bahan mentah dan packing, aset promosi, barang jadi, manufaktur, dan juga toko teknik. Dengan hal ini memungkinkan perusahaan memberikan kontrol yang diperlukan untuk mengotomatiskan dan juga menstabilkan pengumpulan, penyimpanan, dan juga penggunaan data perusahaan untuk mempercepat orientasi pelanggan dan juga pemasok.

Rantai pasokan digital ini juga akan meningkatkan manajemen inventaris, meningkatkan arbitrase dan juga efisiensi pengadaan. Yang terakhir adalah mampu memberikan konsistensi global untuk bisnis Anda.

  • Analisis rantai pasokan

Digital supply chain ini akan membantu analisis rantai pasokan. Sebagian besar perusahaan berusaha memahami rantai pasokan mereka dari ujung ke ujung, dari awal sampai dengan akhir. Perusahaan tahu bahwa identifikasi penyimpanan stok, penentuan tingkat stok aman dan kemampuan untuk prediksi dinamika pasar ini akan membawa keunggulan yang kompetitif. 

Untuk mencapai dan menganalisa hal tersebut perusahaan tahu bahwa hal tersebut bukanlah hal yang mudah. Dengan solusi digital supply chain ini akan memudahkan efisiensi dan efektivitas operasional bisnis Anda untuk bisa mengambil keputusan sesuai dengan data tingkat strategis, taktis, dan operasional di seluruh sumber, manufaktur, logistik, dan juga distribusi.

  • Pesanan

Operasi rantai pasokan yang bisa dimaksimalkan yang terakhir adalah pesanan. Saat pesanan ditempatkan sampai dengan terpenuhinya pesanan tersebut pasti akan melibatkan proses yang kompleks dan juga ketergantungan. Untuk mengelola pesanan ini tentunya membutuhkan perhatian yang lebih dan juga otomatisasi. 

Dengan menerapkan rantai pasokan berbasis digital ini mudah bagi bisnis atau perusahaan Anda melakukan pemenuhan pesanan, manajemen katalog, entri pesanan, memberikan pengalaman pelanggan yang unggul, meningkatkan keuntungan bahkan mampu meningkatkan loyalitas pelanggan.

Artikel Lainnya: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Rantai pasokan ini menjadi proses bisnis yang sangat kompleks, dibutuhkan kejelian dan juga kecepatan dalam memproses rantai pasokan ini agar semuanya berjalan lebih efektif dan juga lebih efisien. Untuk membantu menjalankan dan melakukan manajemen rantai pasokan di bisnis Anda bisa beralih ke transformasi teknologi rantai pasokan berbasis digital.

Anda bisa berkonsultasi dengan SOLTIUS untuk memaksimalkan rantai pasokan berbasis digital di bisnis Anda. Kami merupakan perusahaan konsultan dan penyedia IT terbaik di Indonesia. Perusahaan kami sangat terpercaya dan berpengalaman. Dengan pengalaman yang kami miliki, kami bisa memberikan solusi digital supply chain terbaik untuk di implementasikan ke bisnis Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik tautan berikut ini: mobile supply chain service

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan