span 1 span 2 span 3

Mengenal Advanced Supply Chain Planning dan Implementasinya

Mengenal Advanced Supply Chain Planning dan Implementasinya

Advanced supply chain planning diperlukan dalam sebuah perusahan. Platform ini digunakan untuk menindaklanjuti perencanaan untuk rantai pasokan yang selanjutnya. Perencanaan ini menjadi hal yang penting dalam bisnis, semuanya perlu terencana dengan baik agar bisa menghasilkan hasil yang baik dan maksimal. Seperti yang banyak diketahui bahwa saat ini teknologi berkembang dengan pesat sehingga akan sangat disayangkan jika proses bisnis masih dilakukan secara manual. Berbagai macam perencanaan pun tidak bisa dilakukan dengan cara manual karena membutuhkan analisis yang akurat dimana hal tersebut membutuhkan bantuan sistem yang canggih dan otomatis. Advanced supply chain planning menjadi tindakan penyeimbang antara penawaran dengan permintaan dimana hal ini sangat penting dalam bisnis. 

Apa itu Advanced Supply Chain Planning?

Rantai pasokan lanjutan ini merupakan tindakan yang digunakan untuk menindaklanjuti proses supply chain yang sedang berjalan. Untuk bisa menjalankan rantai pasokan secara maksimal dibutuhkan planning yang tepat dan akurat. Advanced supply chain planning sendiri merupakan sebuah mekanisme yang akan digunakan untuk menghubungkan semua pihak yang terhubung dengan bisnis yang Anda jalankan. Pihak tersebut sama dengan saat supply chain yaitu semua pihak yang terhubung dari bahan mentah, proses menjadi barang jadi, kemudian di delivery ke pihak konsumen. Akan banyak proses yang dilalui saat mengubah bahan baku tersebut menjadi bahan jadi, semuanya harus terkontrol sistem dengan baik agar proses rantai pasokan ini bisa berjalan dengan maksimal.

Setiap pihak yang terlibat dalam rantai pasokan memiliki tanggung jawab dan perannya masing-masing. Peran dan tanggung jawab harus dijalankan dengan baik agar barang bisa selesai secara tepat waktu. Rantai pasokan lanjutan yang baik harus dibantu dengan menggunakan software atau suatu platform yang mampu mengirim barang dan membuat pelayanan kepada konsumen lebih optimal. Tidak hanya sampai di situ saja software ini akan membantu menyediakan informasi dari yang lebih akurat.

Baca Juga: Pentingnya Advanced Supply Chain Planning untuk Sebuah Perusahaan

Implementasi Advanced Supply Chain Planning

Advanced supply chain planning perlu untuk melakukan konsolidasi sumber-sumber yang diperlukan seperti bahan baku dan kemasan, pembelian, pemasaran, pengembangan produk, finansial, dan pelayanan pelanggan. Perencanaan rantai pasokan lanjutan ini tidak hanya dilakukan saat ekonomi baik dimana permintaan terus meningkat namun juga saat ekonomi lesu yang membuat jumlah permintaan menurun. Jika supply chain fokus kepada permintaan barang yang dilakukan oleh konsumen dan pasokan, advanced supply chain ini adalah membuat permintaan, pasokan, dan juga penawaran menjadi lebih seimbang. Perencanaan yang bisa dilakukan adalah jangka pendek yang bisa dilakukan secara darurat namun perencanaan tersebut tidak boleh mengacaukan perencanaan yang dibuat dalam jangka panjang.

Advanced supply chain yang sehat harus bisa menyeimbangkan semuanya secara proporsional saat situasi ekonomi dan permintaan membaik dan juga saat situasi menurun dimana semua permintaan terpenuhi secara efisien namun stock juga tidak berlebihan agar perusahaan tidak mengalami kerugian.

Baca Juga: 3 Fungsi Advanced Supply Chain Planning yang Vital bagi Perusahaan

Strategi

Perusahaan yang ingin melakukan perencanaan rantai pasokan lanjutan akan ada beberapa yang bisa dilakukan sebagai strategi. Yang pertama dan paling penting adalah menggunakan software yang di dalamnya ini memiliki fitur yang bisa membantu perencanaan rantai pasokan secara otomatis dan memiliki fungsionalitas yang baik. Supaya Anda mendapatkan software ini akan lebih baik jika menggunakan jasa vendor yang berkualitas dimana mereka sudah berpengalaman dan memberikan full support kepada perusahaan Anda.

Strategi terakhir yang bisa dilakukan adalah pilih software yang bisa meningkatkan transparansi dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Hal ini mengingat setiap perusahaan memiliki rantai pasok masing-masing sehingga perencanaan rantai pasokan lanjutan tersebut juga harus disesuaikan dengan supply chain masing-masing perusahaan.

Demikianlah beberapa informasi tentang advanced supply chain planning yang sangat menarik untuk disimak, semoga informasi ini bermanfaat.
 

Baca Juga: Manfaat dan Kemudahan yang Didapatkan Advanced Supply Chain Planning

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan