span 1 span 2 span 3

Penggunaan Smart Mobile Supply Chain dalam Sebuah Bisnis

Penggunaan Smart Mobile Supply Chain dalam Sebuah Bisnis

Smart mobile supply chain menjadi salah satu teknologi terbaru di abad milenial yang banyak diterapkan oleh para pelaku bisnis. Keberadaan teknologi ini dirasa begitu penting untuk diterapkan agar bisnis yang dijalankan tetap bisa mengikuti percepatan kemajuan zaman. Dengan menerapkan teknologi ini pemeriksaan rantai pasokan pun akan lebih fleksibel. Hanya dengan memanfaatkan smartphone maupun perangkat lainnya, perusahaan dapat mengetahui bagaimana jalannya rantai pasokan. 

Kebihan Smart Mobile Supply Chain 

Rantai pasokan berbasis teknologi informasi ini memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  • Mampu mengoptimalkan Visibilitas Produk 

Supply chain ini akan membantu pemilik bisnis untuk mendapatkan wawasan yang lengkap mengenai sektor yang masih terpecah, memerikasa lanskap yang kompetitif, membaca tren pasar, serta melihat umpan balik dari suatu produk. Selain itu, pelaku bisnis pun bisa lebih mudah melakukan otomatisasi dalam pengadaan barang, pemesanan, pembuatan faktur, dan juga pembayaran. Dengan visibilitas produk yang baik, efisiensi proses dalam perusahaan pun bisa lebih terbangun. 

  • Memungkinkan Pengambilan Keputusan dengan Cepat 

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh smart mobile supply chain adalah memudahkan para pelaku bisnis untuk mengambil keputusan dengan cepat dengan memanfaatkan data yang tersimpan dari media digital. Misalnya, perusahaan dapat memprediksi jumlah persediaan yang harus dibeli dengan cara menggabungkan data pembelian secara real-time. Dengan demikian, produk akan selalu tersedia. 

Baca Juga: Mengenal Mobile Supply Chain yang Bermanfaat Dalam Bisnis

Tujuan Penggunaan Smart Mobile Supply Chain 

Penggunaan mobile supply chain sangatlah penting di tengah persaingan yang semakin ketat antar perusahaan. Berikut ini beberapa tujuan  penggunaan smart mobile supply chain:

  • Meningkatkan Daya Saing di Pasaran 

Rantai pasokan berbasis teknologi informasi ini banyak digunakan dengan tujuan untuk meningkatkan daya saing sebuah perusahaan di pasaran. Melalui teknologi ini, perusahaan dapat mengatur ulang sumber daya yang dimilikinya untuk memenuhi kebutuhan pasar hanya dengan memanfaatkan smartphone dan juga berbagai perangkat lainnya. Teknologi ini benar-benar membuat sebuah perusahaan untuk berkompetisi di arus ekonomi global yang tarus berubah. 

  • Menjaga Hubungan dengan Pelanggan 

Kemajuan teknologi yang terdapat dalam rantai pasokan ini mampu membuat hubungan antara perusahaan dan dengan para pelanggan berjalan secara otomatis dengan menyediakan informasi mengenai produk dan harga. Informasi tersebut dapat diakses oleh para pelanggan secara real-time. Hal ini sangat efektif untuk menciptakan, mengembangkan, serta meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. 

  • Menjaga Hubungan dengan Supplier 

Penggunaan supply chain berbasis teknologi informasi ini bertujuan untuk menjaga hubungan yang baik dengan para supplier. Perusahaan perlu menjaga hubungan baik dengan supplier untuk memastikan ketersediaan bahan baku tetap aman. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat penyediaan bahan baku merupakan satu hal yang krusial bagi sebuah perusahaan. 

Melalui rantai pasokan berbasis teknologi informasi ini perusahaan dapat menjalin kesepakatan dengan pihak supplier mengenai pengadaan bahan baku. Pihak supplier nantinya dapat mengatur sendiri kapan harus mengirim pasokan bahan baku sehingga perusahaan tidak akan mengalami kekurangan stok bahan baku. Selain itu, perusahaan akan lebih mudah dalam menurunkan biaya untuk gudang.

Demikianlah ulasan mengenai penggunaan smart mobile supply chain pada sebuah bisnis. Dengan menerapkan rantai pasokan yang berbasis teknologi informasi ini para pelaku bisnis bisa lebih mudah meningkatkan kinerjanya sehingga dapat meraih tujuan dari bisnis yang dijalankan. Untuk itu, Anda dapat berkonsultasi dengan Soltius Indonesia untuk informsi lebih detail mengenai produk mobile supply chain. 

Baca Juga: Fungsi dan Manfaat Mobile Supply Chain¬ bagi Perusahaan

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan