span 1 span 2 span 3

Siapa yang Membutuhkan Software CRM Indonesia?

Software CRM Indonesia penting digunakan oleh pebisnis. CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management atau menjadi software yang digunakan untuk mengatur hubungan dengan pelanggan. Dari namanya saja Anda sudah bisa menduga jika tugas dari CRM ini berhubungan dengan pengelolaan pelanggan. Meski sangat bermanfaat untuk perusahaan namun nyatanya masih sedikit yang mengaplikasikan software ini ke perusahaannya, padahal pelanggan merupakan aspek bisnis yang utama. Tanpa pelanggan, target penjualan tidak bisa tercapai dan daya jual perusahaan menjadi menurun. 

Yang Membutuhkan CRM

Sering sekali muncul pertanyaan siapa yang membutuhkan software CRM Indonesia ini.  Karena sistem CRM ini mudah disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari setiap jenis dan ukuran bisnis, maka CRM ini cocok untuk semua jenis atau model bisnis. Berikut ini adalah beberapa model bisnis yang membutuhkan CRM ini:

1.    B2B

B2B singkatan dari Business to Business. CRM akan membantu bisnis ini dalam mengelola informasi klien sampai dengan mengikuti perkembangan transaksi, pembayaran, dan juga laporan bisnis. Perusahaan dengan model bisnis B2B ini akan mampu melakukan seluruh proses tersebut menjadi lebih baik berkat CRM. Sistem CRM akan berperan sebagai platform yang bisa menyatukan mitra, vendor, dan juga pihak lainnya.

2.    B2C

Perusahaan Business to Consumer ini akan memiliki customer life cycle yang lebih pendek, sehingga membutuhkan manajemen pelanggan yang lebih cepat namun tetap lengkap. Dengan fitur yang lengkap seperti manajemen saluran penjualan, pemasaran yang lebih otomatis, dan pencatatan riwayat telepon akan membantu perusahaan model B2C ini menjangkau semua pelanggan menjadi lebih mudah.

3.    UMKM 

Tidak hanya model bisnis B2C dan B2B saja yang membutuhkan CRM, namun model bisnis seperti UMKM pun perlu menggunakan software ini. CRM dengan basis cloud menjadi pilihan yang paling tepat untuk bisnis karena harganya lebih terjangkau selain itu implementasinya lebih sederhana. CRM akan membantu UMKM agar bisa memiliki kemampuan yang setara dengan pebisnis-pebisnis besar sehingga mereka akan lebih kompetitif.

4.    Enterprise

Yang membutuhkan software CRM Indonesia selanjutnya adalah perusahaan dengan skala besar. CRM ini akan membantu perusahaan dengan skala besar untuk bisa meningkatkan efisiensi dan menyederhanakan berbagai macam pekerjaan yang kompleks. Semua data pelanggan dan berbagai macam lokasi geografis mampu di pusatkan dalam satu sistem sehingga lebih mudah dikelola dengan baik dan benar.

Fitur Utama

Software CRM Indonesia memiliki berbagai macam fitur utama yang akan membantu performa peAplikasi CRM & Software CRM Indonesiarusahaan menjadi lebih baik. Fitur utama pertama yang dimiliki oleh CRM adalah manajemen prospek. Fitur ini akan memudahkan perusahaan Anda untuk bisa melihat berbagai macam informasi terkait dengan prospek, merekam riwayat pertemuan, menemukan kebutuhan mereka yang sesuai dengan produk atau layanan Andam dan lain sebagainya dalam waktu singkat. Anda juga mudah dalam melakukan filter data sehingga tidak akan salah dalam memilih prospek yang akan di follow up.  

Fitur lainnya adalah email marketing dimana dengan fitur ini perusahaan Anda akan bisa mengirimkan promosi ke prospek melalui email sesuai dengan segmentasinya.  Selanjutnya adalah manajemen tenaga penjualan dimana akan membantu perusahaan Anda dalam memantau kinerja tim penjualan Anda. Dengan fitur ini Anda bisa melihat seberapa berhasil mereka dalam melakukan penjualan, interaksi dengan pelanggan bagaimana, dan masih banyak lagi lainnya. Anda bisa meningkatkan performa tim penjualan jika hasil tim penjualan tidak sesuai dengan target.

Setiap pemilik bisnis harus memastikan jika seluruh operasi bisnis mereka bisa berjalan secara terpadu dengan satu arah yang sama, hal tersebut akan membuat perusahaan bisa mendapatkan pelanggan baru dan mempertahankannya. Karena persaingan bisnis yang ketat cara manual saja tidak cukup untuk membuat pelanggan tersebut bertahan, sehingga menggunakan software CRM Indonesia ini menjadi strategi canggih dan menjadi solusi manajemen pelanggan yang tepat untuk bisnis Anda. 
 

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 5, 2021
Apa Saja Manfaat ERP untuk UMKM? Simak Selengkapnya Disini!
Apr 2, 2021
Apa itu Akuntansi Persediaan dan Manfaatnya untuk Bisnis?