span 1 span 2 span 3

Jangan Sampai Keliru! Ini 3 Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu!

Jangan Sampai Keliru! Ini 3 Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu!

Perbedaan HRD dan personalia – Dalam dunia kerja HRD dan juga personalia ini terdengar familiar. Keduanya memang saling berkaitan namun banyak yang menganggap jika keduanya merupakan hal sama. Padahal HRD dan personalia ini memiliki definisi dan juga arti yang beda. Baik dilihat dari sisi tanggung jawab maupun fungsinya. Supaya masyarakat tidak salah dalam mengartikan HRD dan personalia ada baiknya jika Anda tahu perbedaannya apa saja.

HRD adalah singkatan dari Human Resources Department. Menurut kamus besar Indonesia HRD ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai departemen Sumber Daya Manusia yang mana disingkat dengan SDM. Umumnya HRD ini ada di dalam perusahaan dan tugasnya mengurusi semua karyawan.

Personalia sendiri merupakan bagian perusahaan yang mana mengelola kegiatan SDM. Personalia akan mengatur berbagai macam kegiatan yang mana ada hubungannya dengan administratif.  Simak beberapa perbedaan HRD dan personalia yang harus Anda ketahui berikut ini:

Definisinya

Perbedaan HRD dan personalia pertama adalah definisinya. HRD dan personalia ini memiliki definisi yang berbeda. Sebelum membahas tentang perbedaannya lebih lanjut ada baiknya jika Anda mengetahui definisi atau pengertiannya lebih dahulu.

HRD merupakan cabang spesialisasi dan organisasi yang mana berhubungan dengan perolehan, pemeliharaan dan pengembangan. HRD juga ada hubungannya dengan pemanfaatan dan juga koordinasi yang ada di tempat kerja. Hal ini mengacu pada fungsi sistematis perencanaan untuk kebutuhan dan tuntutan SDM, seleksi dan juga pelatihan. HRD ini juga berhubungan dengan kompensasi dan penilaian kinerja karyawan.

Personalia sendiri merupakan bagian dari manajemen. Personalia berhubungan dengan perekrutan, penempatan, staf, pengembangan dan kompensasi tenaga kerja. Selain itu ada hubungannya dengan organisasi dalam mencapai tujuan organisasi.

Baca Juga: Apa Saja Perbedaan HR dan HCM?

Tugas

Perbedaan HRD dan personalia yang harus Anda ketahui selanjutnya adalah tugasnya. Karena memiliki definisi yang berbeda maka HRD dan juga personalia ini juga memiliki tugas yang berbeda.  HRD memiliki tugas dalam melakukan persiapan dan juga seleksi tenaga kerja. Seleksi yang dilakukan tersebut mulai dari persiapan eksternal maupun internal di sebuah perusahaan.

HRD ini yang akan melakukan pengembangan dan juga mengoreksi kinerja karyawan. HRD harus melihat potensi dan kinerja karyawan yang bisa menguntungkan perusahaan. Di mata HRD karyawan harus bisa menguasai pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya tersebut.

Personalia ini memiliki tugas yang berbeda dengan HRD. Personalia merupakan departemen yang mana mengatur hubungan industrial. Selain itu personalia juga mengatur hubungan industrial antara karyawan dengan perusahaan. 

Personalia bertanggung jawab terhadap data karyawan, payroll, dan juga pembayaran benefit lainnya. Pinjaman karyawan, absensi, pencatatan cuti tahunan dan juga mengisi dokumen merupakan fungsi utama dari personalia.

Lingkup Kerja

Yang harus diperhatikan selanjutnya adalah lingkup kerjanya. Personalia dan juga HRD ini memiliki lingkup kerja yang berbeda. Jika HRD ini mempersiapkan dan melaksanakan proses rekrutmen maka personalia ini yang bertugas dalam menerima karyawan. Yang akan melakukan sosialisasi dan koordinasi merupakan pihak personalia.

HRD dan personalia ini tidak bisa dipisahkan karena keduanya sama terhubung satu sama lainnya. HRD adalah perpanjangan tangan dari personalia sedangkan personalia ini merupakan hal yang berkaitan dengan administrasi untuk mendukung kinerja HRD.

Baca Juga: Adakah Perbedaan HR dan HCM? Simak Selengkapnya Disini!

Meski terdapat beberapa perbedaan HRD dan personalia keduanya harus bisa berjalan beriringan karena berhubungan dengan SDM perusahaan yang mana menjadi penggerak roda perusahaan, jika menggunakan cara manual tentu hasilnya tidak efektif, Anda bisa menggunakan solusi dari SOLTIUS untuk bisa membantu tugas dari HR dimana HR ini menyangkut HRD dan juga personalia, dengan menggunakan software dan solusi dari kami Anda bisa mengotomatiskan proses mulai dari seleksi sampai dengan administrasi karyawan, hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan