span 1 span 2 span 3

Apa Saja Perbedaan HR dan HCM?

Apa Saja Perbedaan HR dan HCM?

Perbedaan HR dan HCM – Tentu sudah tidak asing dengan HR dan juga HCM. HR ini merupakan Human Resource yaitu departemen dalam perusahaan yang mana memiliki fungsi untuk bisa mengembangkan dan menjamin kesejahteraan sumber daya manusia di dalamnya. HR juga disebut dengan Human Resources Management. HRM adalah strategi untuk bisa menentukan langkah dan juga pendekatan dalam mengelola perusahaan dengan menggunakan Sumber Daya Manusia.

HCM sendiri adalah singkatan dari Human Capital Management dimana sering dikenal sebagai serangkaian organisasi yang lebih komprehensif. HCM digunakan perusahaan untuk bisa melakukan perekrutan karyawan, mengelola, mengembangkan dan lebih mengoptimalkan kinerja karyawan lebih baik. Karyawan ini menjadi sumber daya yang utama di dalam bisnis. 

Yang Membedakan HR dan HCM

Semua hal yang berhubungan dengan karyawan ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. HR dan HCM ini semuanya berhubungan dengan karyawan. Meski terlihat sama, ada perbedaan HR dan HCM yang harus Anda ketahui seperti berikut:

Fungsi

Perbedaan HR dan HCM yang pertama adalah fungsinya. Fungsi HRM adalah untuk melakukan organisasi, perencanaan, directing dan juga melakukan pengontrolan. Setiap sumber daya manusia yang akan masuk ke perusahaan bisnis ini harus mengikuti training dan juga pembekalan terlebih dahulu tujuannya untuk mencetak karyawan yang sesuai dengan visi maupun misi perusahaan. HRM juga berfungsi untuk menilai karyawan maupun memberikan kompensasi karyawan.

Fungsi HCM sendiri adalah untuk mengelola dan mengembangkan kemampuan sumber daya manusia untuk bisa meningkatkan kinerjanya.  HCM ini juga digunakan untuk bisa mengelola dan mengembangkan kemampuan karyawan supaya bisa mencapai tingkat yang lebih tinggi terutama dalam bekerja.  Dari fungsinya saja HR dan HCM ini sudah berbeda.

Baca Juga: Adakah Perbedaan HR dan HCM? Simak Selengkapnya Disini!

Fokus terhadap SDM

HRM ini menganggap bahwa sumber daya manusia ini merupakan aset perusahaan yang mana berfungsi sebagai pendukung dan sebagai fasilitator untuk mencapai tujuan perusahaan. HRM ini akan menambah nilai dari sumber daya manusia kemudian bisa mendukung pelaksanaan strategi bisnis sehingga kontribusi karyawan ini bisa mencapai organisasi yang mana belum menjadi bagian yang utama. Hal ini yang membuat HRM sering melakukan perekrutan mengganti karyawan yang selesai kontraknya dengan karyawan kontrak baru karena manusia hanya dianggap sebagai pendukung saja.

Fokus HCM ini memandang manusia atau SDM yang mana menjadi sumber kunci di dalam organisasi. SDM ini tidak hanya dijadikan sebagai pendukung dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi bisnis. HCM ini akan memiliki fokus dalam langkah-langkah strategis untuk bisa memaksimalkan skill maupun talenta SDM agar bisa melaksanakan strategi bisnis untuk perusahaan.

Baca Juga: 3 Perbedaan HR dan HCM, Pebisnis Wajib Tahu!

Sudut pandang

Yang paling membedakan antara HR dan HCM adalah sudut pandangnya.  Sudut pandang HR saat seseorang sudah bergabung dengan perusahaan maka semua sumber daya yang ada pada dirinya tersebut harus mampu dioptimalkan supaya perusahaan bisa mendapatkan manfaat yang besar dari dirinya tersebut. Artinya adalah selama sumber daya karyawan masih ada harus dioptimalkan menjadi lebih baik dan lebih besar lagi. 

Dari segi HCM memandang bahwa karyawan ini merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Sudut pandang HCM ini ada tiga, pertama adalah manusia atau karyawan itu sendiri, kedua adalah modal dan ketiga adalah fasilitas perusahaan.  HCM ini memiliki prinsip berupa perusahaan memberikan nilai tambah kepada karyawan.

Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan HCM karena memang mereka menganggap karyawan adalah aset. Perusahaan harus mampu memberikan nilai tambah untuk karyawan dan mengembangkan talenta dari karyawan. Untuk menjalankan human capital perusahaan semakin mudah Anda bisa menggunakan jasa kami. Kami dari SOLTIUS memberikan solusi kepada perusahaan Anda untuk bisa melakukan manajemen human capital lebih efektif dan efisien. 

Sistem HCM kami mampu membuat tugas human capital di perusahaan Anda lebih terintegrasi dan lebih sederhana. Semoga informasi perbedaan HR dan HCM di atas bermanfaat untuk Anda, hubungi kami untuk mendapatkan info lebih lanjut atau klik tautan berikut: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan