span 1 span 2 span 3

Tips Memilih Aplikasi CRM yang Sesuai untuk Setiap Bisnis

Jika anda sedang merintis dan mengelola bisnis, sebuah Aplikasi CRM harus masuk dalam perencanaan. Aplikasi ini akan sangat membantu operasional pemasaran di setiap bidang bisnis yang anda tekuni.

Aplikasi seperti apakah yang tepat bagi bisnis anda? Tidak bisa kita dengan gegabah memilih sebuah aplikasi atau software tanpa memahami apa kebutuhan kita dan bagaimana itu bisa memenuhinya. Oleh karena itu, beberapa langkah berikut semoga bisa membantu menemukan Aplikasi CRM yang cocok.

Apa Tujuan Anda Menggunakan Software CRM?

Sebagai pelaku bisnis, silakan breakdown sejumlah tujuan anda memakai Aplikasi CRM. Memahami semua tujuan anda secara spesifik bakal memudahkan pemilihan aplikasi. Sejumlah tujuan itu meliputi aktivitas leads, customer base, peluang, manajemen hubungan pelanggan, operasional bisnis, memacu profit bisnis, meningkatkan produktivitas, dan lain-lain.

Bagaimana Implementasi Aplikasi Itu?

Aplikasi CRM yang bagus berarti bisa diimplementasikan langsung. Atau setidaknya tak butuh waktu panjang untuk menyesuaikan diri dengan fitur dan operasional aplikasi tersebut. Mungkin saja anda akan butuh semacam konsultan untuk mengadakan pelatihan khusus bagi tim di perusahaan untuk operasional aplikasi ini.

Sosialisasi Sistem Aplikasi

Aplikasi CRM ini harus disosialisasikan dulu kepada tim perusahaan anda. Bagaimanapun, kehadiran sebuah aplikasi atau software untuk operasional bisnis bisa memicu perbedaan pendapat dengan sebagian tim, khususnya bagian sales. Pasalnya, ada kekhawatiran bahwa porsi tanggung jawab pekerjaan mereka akan terambil alih oleh sistem. Tugas anda sebagai pengelola perusahaan untuk mengadaptasikan Aplikasi CRM dan kalau perlu melibatkan peran serta dari tim yang merasa terancam posisinya itu.

Tingkat Mobilitas

Aplikasi CRM berarti menunjang tingkat mobilitas. Jadi, aplikasi ini mesti dapat dioperasikan dari berbagai jenis perangkat khususnya yang terbiasa bekerja di luar ruangan karena harus berinteraksi atau menjumpai pelanggan baru.

Kustomisasi Aplikasi

Apakah aplikasi ini dapat dirancang secara fleksibel supaya lebih mudah menggunakannya? Biasanya aplikasi yang bagus sudah disiapkan untuk itu. Apalagi tipe bisnis berbeda-beda dan makin beragam, sehingga cara penggunaannya pun tak seragam. Anda dapat mengkonsultasikan tentang fitur Aplikasi CRM ini dan memastikan dulu apakah memang akan cocok dengan kebutuhan anda.

Kompatibilitas

Hal ini sangat penting karena terkait kenyamanan. Jangan sampai setelah menggunakan aplikasi malah ada fitur yang tidak bisa digunakan, atau ternyata mempengaruhi kinerja dari aplikasi bisnis lain yang digunakan. Untungnya, sekarang telah banyak pembaruan dan pemutakhiran dari versi sistem yang tersambung pada API dengan kualitas terjamin. Namun anda masih harus tetap mengecek kompatibilitas dari aplikasi ini untuk tipe bisnis anda.

Akses ke Versi Demo

Supaya anda dapat gambaran yang jelas tentang Aplikasi CRM ini, maka carilah yang menyediakan versi demo. Akses ke versi demo akan sangat membantu anda mengenali aplikasi tersebut sekaligus membiasakan diri dengan setiap fitur yang tersedia.

Dari versi demo itu pula anda bisa mengetahui apakah aplikasi ini cocok dengan sistem yang anda pakai. Anda juga dapat membandingkan faktor keunggulan dan kekurangan dari aplikasi itu sebelum benar-benar memilihnya.

Fitur Laporan

Aplikasi ini wajib memiliki fitur laporan berisikan data informasi yang lengkap tentang bisnis anda dan relasinya bersama semua pelanggan terdaftar. Semua informasi dalam data itu juga terus diperbarui secara otomatis yang akan berperan besar dalam menunjukan nilai profit yang tercapai, potensi kerugian, dan memastikan apakah semua target bisa dicapai dalam periode yang telah ditetapkan.

Other News

Oct 26, 2018
12 Keys to Family Business Success
Oct 21, 2018
Apa itu Big Data Indonesia?