span 1 span 2 span 3

2 Contoh Implementasi SAP Business One Pada Perusahaan Bisnis

SAP Business One – Untuk bisa memudahkan operasional perusahaan, sudah sepatutnya perusahaan menggunakan teknologi yang canggih. Teknologi itu akan membuat operasional perusahaan menjadi lebih efektif dan juga efisien. Bentuk maupun wujud teknologi yang bisa dimanfaatkan oleh perusahaan adalah SAP. SAP ini memiliki banyak lisensi dan yang paling terkenal adalah Business One.  Jika selama ini SAP terkenal dengan perusahaan-perusahaan besar saja yang menggunakannya namun tidak dengan Business One ini karena nyatanya software ini bisa digunakan untuk perusahaan kecil sekalipun. Dalam pengimplementasiannya SAP ini bisa digunakan untuk beberapa sektor perusahaan. Berikut ini adalah beberapa contoh implementasi SAP Business One pada beberapa perusahaan yang ada di Indonesia:

 

Grosir dan Distribusi

Menggunakan Business One ini perusahaan grosir dan distribusi akan bisa melakukan kontrol keuangan penuh dan visibilitas yang jelas ke dalam pembelian, kontrol inventaris, pelayanan kepada pelanggan, penagihan, manajemen, dan pemenuhan gudang. SAP juga merupakan satu solusi jitu bagi distributor yang ingin memenuhi kebutuhan bisnisnya.

Bagi bisnis grosir dan distribusi SAP menawarkan solusi mobilitas berupa pengambilan pesanan.  Dengan bantuan fitur ini memungkinkan bagi perusahaan untuk bisa memasukkan pesanan penjualan dengan fitur multi mata uang dan juga bisa menangani transaksi per proyek. Pesanan tersebut akan otomatis akan terkirim ke SAP kemudian dijadikan sebagai konsep pesanan penjualan untuk persetujuan. Selain itu dengan Business One ini perusahaan akan memiliki data master pelanggan dimana bisa memasukkan dan memperbarui master pelanggan dengan melihat riwayat pesanan penjualan yang perah dibuat, status pesanan penjualan yang akan dikirimkan ke pelanggan dan juga faktur per pelanggan.

Fitur SAP yang bisa dimanfaatkan perusahaan grosir dan distribusi adalah promosi dimana perusahaan akan bisa melihat secara real time penjualan di bidang apa yang meningkat. Dengan data tersebut perusahaan akan bisa memaksimalkan promosi dan juga penjualan  pada barang yang paling banyak diminati oleh konsumen.  

Fitur yang bisa dimanfaatkan terakhir transaksi persetujuan dan juga peringatan. Dengan menggunakan fitur ini perusahaan akan bisa mengatur otorisasi di SAP dan Android. SAP juga bisa membuat pembayaran faktur pelanggan dimana perusahaan akan dituntut untuk menangani faktur piutang dagang yang sudah ditagih ke pelanggan. Dengan menggunakan fitur ini perusahaan akan bisa menampilkan daftar faktur jatuh tempo yang sudah bisa dikumpulkan penjualan selama kunjungan pelanggan yang disesuaikan dengan rute.

 

Perusahaan Bisnis Tekstil dan Pakaian

Tidak hanya grosir dan distribusi saja yang bisa mengimplementasikan SAP Business One ini namun perusahaan yang berkutat di bidang tekstil dan pakaian pun bisa memanfaatkan software atau aplikasi SAP ini. Dengan menggunakan SAP Perusahaan tekstil akan bisa mengawasi mesin sampai dengan mengendalikan produksi dan lain sebagainya. Dalam perusahaan tekstil maupun pakaian ini segmen bisnis utamanya ada pada produksi tekstil, finishing, pemrosesan, peningkatan tekstil tenis dan juga perabotan rumah tangga. Selain memiliki fungsi yang lengkap, SAP ini juga memiliki kemampuan berupa terhubung ke mesin dan bisa digunakan untuk mengumpulkan data sesuai dengan kebutuhan. Dengan fitur tersebut perusahaan akan bisa mendapatkan informasi yang akurat tentang berapa biaya yang benar-benar dibutuhkan dan menghindari biaya produksi yang membengkak.

 

Pilih Modul SAP Sesuai Kebutuhan

Agar software memiliki performa yang mumpuni ada baiknya jika perusahaan memilih modul yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.  Beberapa modul SAP bisa dipilih adalah administrasi, keuangan, peluang penjualan, penjualan, MRP, produksi, manajemen pelayanan, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk satu modul ini membutuhkan training dengan jangka waktu yang sudah ditentukan oleh vendor SAP tersebut.

 

Demikianlah beberapa contoh implementasi SAP Business One di beberapa perusahaan yang menarik disimak, semoga informasi ini bermanfaat. Untuk informasi lebih detail mengenai SAP Business One, silahkan lihat disini : https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/sistem-sap-business-one

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia