span 1 span 2 span 3

5 Tips Memilih Accounting Software Indonesia untuk Laporan Keuangan Lebih Akurat

Accounting software Indonesia – Berkat teknologi yang berkembang, banyak software dan aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk membantu proses transaksi akuntansi. Jika dulunya akuntasi tekenal rumit, sulit, dan mudah error maka hal tersebut tidak perlu Anda rasakan lagi dimana berkat software akuntansi tersebut proses akuntansi akan semakin mudah dan juga cepat. Proses akuntansi akan dijalankan secara otomatis tanpa harus menginputkan data satu per satu yang memakan waktu dan juga tenaga.

Salah satu hal yang bisa Anda manfaatkan dengan adanya software akuntansi ini adalah pada bagian laporan keuangan. Laporan keuangan ini sangat penting karena dari data inilah perusahaan akan melakukan analisis dan pengamatan apakah selama ini bisnisnya berjalan sesuai dengan harapan atau tidak. Jika data pada laporannya sendiri salah, tentu perusahaan akan mengambil langkah dan keputusan yang salah pula sehingga laporan dalam akuntansi ini harus valid atau akurat. Agar bisa membuat laporan keuangan atau akuntansi dengan baik, berikut ini adalah tips memilih accounting software Indonesia yang penting untuk Anda perhatikan:

 

User Friendly

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah cara menggunakan software tersebut apakah user friendly atau tidak.  Bagi pemula penting sekali untuk memilih software yang mudah digunakan agar saat mengoperasionalkannya tidak ribet.

 

Mudah Dipantau Secara Real Time

Untuk bisa membuat laporan akuntansi yang mudah dan akurat ada baiknya jika Anda memilih software yang bisa melakukan pemantauan secara real-time. Hal ini sangat penting bagi pebisnis karena Anda akan memegang kendali penuh atas usaha yang dijalankan. Berkat software ini kapan saja dan dimana saja kondisi keuangan bisnis bisa dipantau dengan mudah terutama profit margin dan sejumlah piutang perusahaan.

 

Pengelolaan Inventory

Tips memilih accounting software Indonesia selanjutnya adalah memiliki fitur inventory. Ketersediaan stok barang ini menjadi ujung tombak dalam kelancaran bisnis Anda, oleh sebab itu agar laporan stok yang dibuat akurat software akuntansi Anda harus memiliki fitur ini. Berkat software ini Anda bisa mengelola ketersediaan dengan mudah, akurat, dan real-time terlebih lagi sudah di dukung dengan kemampuan online. Tidak hanya itu saja software akuntansi akan semakin menarik jika bisa melakukan pengecekan dan laporan berupa transfer antar gudang dan juga stock yang opname.

 

Perpajakan

Accounting software Indonesia terbaik juga di dukung dengan fitur perpajakan. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia adalah negara pajak sehingga jika software yang Anda gunakan tidak mendukung perpajakan tersebut akan menyebabkan Anda kesulitan untuk menghitung besaran pajak sendiri, apalagi pajak tersebut nantinya juga dibutuhkan di dalam laporan akuntansi.

 

Fitur Laporan Keuangan

Yang terakhir adalah laporan keuangan.  Semakin lengkap fitur laporan yang disediakan oleh software tersebut akan semakin bagus untuk Anda. Fitur laporan yang harus ada adalah laporan neraca keuangan, laporan laba rugi, dan lain sebagainya. Kesalahan dalam membuat laporan hanya akan membuat laporan arus kas menjadi tidak real time sehingga hal itu berakibat pada penetapan strategi bisnis yang kurang tepat. Sebelum menggunakannya, ada baiknya Anda bertanya kepada vendor penyedia software tersebut fitur laporan apa saja yang di dukung olehnya agar Anda menjadi tidak salah pilih.

Bagian keuangan adalah bagian vital sehingga salah sedikit saja membuat kondisi keuangan perusahaan Anda tidak real-time atau tidak sesuai dengan kenyataan. Dengan menggunakan accounting software Indonesia ini Anda akan bisa menyempurnakan dan menyederhanakan proses akuntansi dimana data keuangan yang Anda dapatkan benar-benar akurat dan juga real-time sehingga dengan data tersebut Anda akan bisa menyusun strategi bisnis yang tepat dan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

 

Artikel Menarik Lainnya :

 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia