span 1 span 2 span 3

Apa Kelebihan Warehouse Management System Dalam Bisnis? Yuk Cari Tahu Disini

WMS atau Warehouse Management System merupakan hal yang penting dalam supply chain management. Dimana dengan menggunakan strategi ini akan berfungsi untuk mengurus pergerakan dan juga penyimpanan barang yang ada di gudang. Lantas apa kelebihan warehouse management system ini dalam sebuah bisnis? Yuk cari tahu alasannya berikut ini.

Keuntungan Menggunakan WMS Dalam Bisnis Anda

  1. Waktu Untuk Stok Ulang Akan Terjadwal

Dengan menggunakan sistem satu ini, nantinya proses dari stok ulang pada barang anda akan lebih diketahui dan terjadwal. Hal ini dikarenakan untuk melakukan proses etok ulang memang membutuhkan strategi yang khusus. Hal ini bertujuan agar nantinya jika terlalu cepat akan terjadi penumpukan barang yang ada di gudang.

Hal ini tentu saja akan mampu membuat perusahaan menghabiskan modal yang berlebih. Selain itu, ketika anda terlalu lama di dalam melakukan stok ulang, maka penjual pun akan kehabisan supply dan tidak mampu untuk memenuhi keinginan dari pelanggan. Tentu saja, hal ini akan memiliki akibat yang buruk yakni pelanggan nantinya akan mampu beralih ke penjual lainnya yang masih memiliki stok.

Apa kelebihan warehouse management system? Tentunya hal ini akan menjawab permasalahan anda akan stok barang. Sebab, dengan menggunakan WMS akan dapat membantu untuk memperkirakan kapan waktu yang tepat untuk melakukan stok barang. Sehingga nantinya anda pun tak akan kehilangan pelanggan.

Baca Juga: Mengintip Konsep Warehouse Management System dan Keuntungannya

  1. Kualitas Barang Akan Lebih Terkontrol

Salah satu keunggulan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan strategi satu ini adalah mampu mengontrol jumlah dan kualitas pada barang. Hal ini dikarenakan di jaman sekarang, WMs telah didukung dengan teknologi yang canggih. Sehingga nantinya semua pencatatn dari arus barang akan bisa dilakukan secara otomatis.

Mulai dari biometrics, barcode scanner hingga RFID. Dengan begitu, semua elemen dari warehouse akan menjadi terintegrasi dan berkesinambungan. Sehingga nantinya pemilik bisnis pun akan menjadi tahu secara pasti riwayat tentang transaksi dan juga pengawasan untuk mengontrol kualitas dari barang tersebut.

  1. Kecepatan Pelayanan Pelanggan Akan Terpantau

Selain itu, apa kelebihan warehouse management system yang lain? Mungkin anda pun akan mengetahui keuntungan menggunakan sistem satu ini. Pasalnya ketika anda memiliki bisnis dengan skala yang besar, hal ini membuat perusahaan pun akan memiliki gudang yang tersebar di beberapa tempat.

Dengan tersebarnya gudang tersebut tentu saja akan memudahkan proses distribusi dari barang barang. Dengan adanya warehouse management system, dapat bertugasa sebagai pencatat dari pasokan dan juga pergerakan barang yang ada di masing masing gudang milik perusahaan anda.

Oleh karena itu, nantinya hal ini pun akan memudahkan anda di dalam melayani pelanggan. Hal ini dikarenakan, perusahaan akan mampu mengetahui informasi tentang tersedianya barang yang ada di lokasi gudang tersebut. Terlebih lagi, ketika tiba tiba terdapat pesanan yang mendadak dalam jumlah besar, maka dengan adanya sistem ini akan mampu mengatasinya.

Baca Juga: Hindari Kerugian! Buat Pergudangan Modern Lebih Cepat dan Akurat dengan Sistem Terbaik!

  1. Penggunaan Ruang Akan Lebih Optimal

Jika anda bertanya apa kelebihan warehouse management system? Tentunya penggunaan ruang yang optimal akan menjadi salah satu jawabannya. Hal ini dikarenakan desain dari gudang memang akan sangat tergantung dengan tujuan dan juga kemampuan yang dimiliki oleh perusahaan. Sehingga dengan adanya WMS akan membantu melakukan optimisasi.

Dengan menggunakan sistem satu ini, ternyata akan memberikan kemudahan bagi anda. Hal tersebut dikarenakan sistem yang ada di dalam gudang akan lebih terorganisir dengan baik. Selain itu, WMS juga akan menerapkan konsep penyimpanan barang yang paling efektif untuk produk anda.

hubungi kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/solutions-by-products/reading/sap-ewm-warehouse-management-system

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan