span 1 span 2 span 3

Sering Dianggap Sama, Ini Dia Perbedaan HRD dan Personalia yang Wajib Anda Tahu!

Perbedaan HRD dan personalia – Sebagian orang sudah tidak asing dengan yang namanya HRD dan juga personalia di dalam perusahaan. Hampir semua perusahaan memiliki 1 atau 2 departemen tersebut. Banyak yang mengira keduanya sama padahal kedua departemen tersebut berbeda. Meski berbeda namun HRD dan personalia ini saling berkaitan. Agar tidak salah paham penting untuk mengetahui perbedaannya.

 

HRD

Perbedaan HRD dan personalia  wajib untuk diketahui agar tidak salah dalam membedakannya. HRD singkatannya adalah Human Resources Department. HRD sendiri merupakan departemen atau merupakan divisi yang memang diciptakan untuk bisa mengelola sumber daya manusia. 

Tugasnya mulai dari mengumpulkan manpower sampai dengan mengembangkannya menjadi SDM yang bisa bergerak secara terstruktur. Seperti yang diketahui bahwa SDM ini adalah senjata bagi perusahaan supaya bisa berkembang dan lebih maju. Jika SDM yang dimiliki kurang berkualitas maka perusahaan tidak akan bisa berkembang seperti yang diharapkan. 

HRD memang memiliki fungsi dalam mengumpulkan sumber daya tersebut. Perang HRD tidak hanya melakukan manpower saja namun kewajiban utamanya harus bisa dipenuhi dan juga harus berhasil. Berikut ini adalah beberapa lingkup kerja dari HRD yang wajib untuk Anda ketahui:

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru! Ini 3 Perbedaan HRD dan Personalia yang Harus Anda Tahu!

  • Training and development

 

HRD memiliki lingkup kerja berupa melakukan training dan  perkembangan agar karyawan. Tujuannya agar mereka bisa memberikan kontribusi terbaiknya. HRD harus bisa mendukung penuh program pelatihan dan juga pengembangan untuk karyawan.

Program training dan development ini bisa diselenggarakan secara mandiri atau bisa juga menggunakan jasa dari luar.  HRD jangan menganggap remeh tugas ini hal itu karena bisa memperkaya kemampuan karyawan dengan teknik yang tepat. Secara tidak langsung hal tersebut bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

 

  • Menilai kinerja

 

Perbedaan HRD dan personalia selanjutnya adalah menilai kinerja. HRD ini akan menilai kinerja karyawan yang mana dikenal sebagai evaluasi karyawan. Penilaian kinerja karyawan ini sangat dinantikan karena bisa berarti kenaikan gaji. 

Momen evaluasi ini menjadi yang ditakuti karena menentukan kelangsungan karier karyawan. Bagi perusahaan bisnis evaluasi bisa menjadi refleksi terhadap program pelatihan dan juga pengembangan yang disediakan oleh karyawan. 

 

  • Rekrutmen dan seleksi

 

Sebagai divisi yang mengelola SDM, tugas utama dari HRD adalah mengumpulkan karyawan. Pekerjaan ini bisa dilakukan dengan cara seleksi kandidat, proses interview dan juga assessment sampai dengan onboarding. Tugas ini bisa memiliki pengaruh terhadap tugas HRD selanjutnya. Memilih SDM yang bisa diajak kerja sama dalam mencapai tujuan perusahaan ini tidak mudah. HRD yang gagal dalam menemukan SDM berpotensi bisa menyebabkan turnover menjadi tinggi.

Baca Juga: Adakah Perbedaan HR dan HCM? Simak Selengkapnya Disini!

Personalia

Perbedaan HRD dan personalia yang paling terasa adalah divisi ini mengatur berbagai macam kegiatan yang mana sifatnya adalah administratif. Tugas lain dari personalia ini mengatur hubungan antara perusahaan dengan karyawan. Berikut ini adalah tugas dari personalia yang berbeda dengan HRD:

 

  • Surat dan perjanjian kerja

 

Pembuatan surat dan perjanjian kerja ini menjadi tugas personalia. Mereka akan mengelola surat maupun perjanjian karyawan, selain itu pengangkatan karyawan sampai dengan prosedur setelah mereka resign.  Surat-surat yang berhubungan dengan karyawan menjadi bagian dari personalia.

 

  • Absensi dan payroll

 

Staff personalia ini akan mengelola absensi atau kehadiran karyawan. Personalia juga mengelola data atau payroll. Semakin banyak karyawan tentu pengelolaannya ini tidak bisa dilakukan dengan cara manual.

 

Setelah mengetahui perbedaan HRD dan personalia diatas, bisa disimpulkan bahwa tugas dan tanggung jawab masing-masing dari HRD maupun personalia ini banyak, sehingga dibutuhkan sistem atau software HR untuk bisa membuat prosesnya berjalan lebih otomatis, Anda bisa mendapatkan software HR terbaik di SOLTIUS, kami merupakan perusahaan penyedia solusi IT dengan basis bisnis terbaik dan terpercaya di Indonesia, dengan solusi dari kami perusahaan Anda bisa menjalankan tugas HR lebih efektif dan efisien, hubungi kontak kami untuk mendapatkan solusi terbaik bagi bisnis Anda. hubungi kontak kami untuk informasi lebih lanjut atau klik tautan berikut ini: https://www.soltius.co.id/id/special-offer/read/hr-payroll-software

Other News

Jun 14, 2021
Mengenal Proses CRM Software Beserta Fungsinya bagi Perusahaan
Jun 14, 2021
Bagian Bagian Laporan Keuangan yang Harus Dimiliki Perusahaan