span 1 span 2 span 3

Bagaimana Proses CRM dapat Berhasil Diterapkan dalam Bisnis?

Sebagai pemilik bisnis, pastinya Anda ingin mengetahui bagaimana proses CRM berhasil diterapkan dalam dunia usaha, bukan? Kunci keberhasilan dari CRM sebenarnya adalah jalinan komunikasi yang baik antara pelanggan dengan perusahaan. Apabila CRM berhasil diterapkan dalam perusahaan Anda, maka akan lebih mudah untuk meraih kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan. Sebelum kita membahas bagaimana CRM dapat berhasil diterapkan dalam bisnis, ada baiknya Anda menyimak pengertian, manfaat, dan proses-proses dari CRM berikut ini. 

Pengertian CRM 

CRM (Customer Relationship Management) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang digunakan untuk membuat para pelanggan/konsumen tetap setia membeli produk/jasa yang  ditawarkan sebuah perusahaan. 

CRM juga bisa diartikan sebagai strategi bisnis dalam sebuah perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut mengelola hubungan dengan para pelanggan secara efektif. Perusahaan menjaga pelanggan dengan cara mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan, baik melalui e-mail atau melalui pembicaraan dengan staf sales/marketing. 

Manfaat CRM

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari proses CRM yang diimplementasikan dalam sebuah bisnis?

  • Membantu perusahaan untuk menambah jumlah konsumen 
  • Mengetahui kebutuhan konsumen terhadap produk Anda
  • Mengetahui kebutuhan konsumen pada waktu yang akan datang
  • Mengetahui ketidaknormalan dalam aktivitas transaksi
  • Mengetahui apa saja perbaikan yang harus dilakukan terkait service yang diberikan kepada konsumen 
  • Mengetahui kombinasi produk yang akan dijual pada waktu-waktu tertentu 
  • Dapat mengurangi resiko operasional dengan mengetahui kesalahan yang pernah dilakukan

Proses dalam CRM

Sebelum Anda mengetahui bagaimana proses CRM berhasil diterapkan dalam sebuah bisnis, Anda perlu menyimak beberapa tahapan atau proses dari CRM itu sendiri, di antaranya:

Memperoleh Pelanggan Baru (Acquire)

Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, cara yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Berusaha untuk memberi kenyamanan pada pelanggan saat membeli produk tertentu yang mereka butuhkan. Misalnya, Anda berusaha untuk memberi ketepatan waktu dalam pengiriman barang yang mereka pesan. 
  • Memberikan kesan pertama yang sebaik mungkin pada para pelanggan agar mereka bisa memberikan penilaian yang positif terhadap produk Anda. 

Menambah Nilai Pelanggan (Enchance)

Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan dengan cara mendengarkan setiap komplain yang mereka sampaikan. Berikut ini cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan:

  • Up Selling, yaitu menawarkan produk yang sama namun kualitasnya lebih baik. 
  • Cross Selling, yaitu menawarkan produk pelengkap terhadap barang yang telah dimiliki oleh pelanggan. 

Mempertahankan Pelanggan (Retain)

Berikut adalah cara mempertahankan loyalitas dari pelanggan:

  • Selalu memberi pelayanan terbaik agar mereka tetap menaruh kepercayaan pada produk Anda.
  • Menyediakan waktu untuk mendengarkan setiap kebutuhan pelanggan 
  • Melayani ketidakpuasan pelanggan akan produk yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bagaimana Cara Membuat CRM Berhasil Diterapkan?

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses CRM berhasil diterapkan dalam bisnis:

  • Melakukan perencanaan bisnis yang matang 
  • Mendefinisikan tujuan dan juga target dari penerapan CRM 
  • Menentukan batasan-batasan dari CRM yang didasarkan pada strategi yang telah ditentukan
  • Menentukan standar untuk mengukur keberhasilan penerapan CRM 
  • Menentukan standar aturan dalam mengelola strategi berdasarkan informasi dari sistem CRM

Demikianlah pembahasan tentang bagaimana proses CRM  berhasil diterapkan dalam sebuah bisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan CRM dalam bisnis yang Anda jalankan, silakan berkonsultasi dengan Soltius Indonesia. Soltius adalah perusahaan penyedia software CRM Indonesia yang telah melayani klien selama hampir dua puluh tahun. Kami mengemban visi dan misi untuk ikut membangun pertumbuhan UKM dan juga perusahaan bersekala besar.

Artikel Lainnya:

Other News

Sep 30, 2020
Tahapan dan Sasaran Pengelolaan dalam Sistem Pergudangan Modern
Sep 28, 2020
Sejarah Singkat dan Pentingnya Implementasi SAP Fundamental pada Perusahaan