Sebagai pemilik bisnis, pastinya Anda ingin mengetahui bagaimana proses CRM berhasil diterapkan dalam dunia usaha, bukan? Kunci keberhasilan dari CRM sebenarnya adalah jalinan komunikasi yang baik antara pelanggan dengan perusahaan. Apabila CRM berhasil diterapkan dalam perusahaan Anda, maka akan lebih mudah untuk meraih kepercayaan dan loyalitas dari para pelanggan. Sebelum kita membahas bagaimana CRM dapat berhasil diterapkan dalam bisnis, ada baiknya Anda menyimak pengertian, manfaat, dan proses-proses dari CRM berikut ini.
CRM (Customer Relationship Management) atau dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Manajemen Hubungan Pelanggan dapat diartikan sebagai strategi pemasaran yang digunakan untuk membuat para pelanggan/konsumen tetap setia membeli produk/jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan.
CRM juga bisa diartikan sebagai strategi bisnis dalam sebuah perusahaan yang memungkinkan perusahaan tersebut mengelola hubungan dengan para pelanggan secara efektif. Perusahaan menjaga pelanggan dengan cara mengumpulkan segala bentuk interaksi pelanggan, baik melalui e-mail atau melalui pembicaraan dengan staf sales/marketing.
Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari proses CRM yang diimplementasikan dalam sebuah bisnis?
Sebelum Anda mengetahui bagaimana proses CRM berhasil diterapkan dalam sebuah bisnis, Anda perlu menyimak beberapa tahapan atau proses dari CRM itu sendiri, di antaranya:
Untuk bisa mendapatkan pelanggan baru, cara yang bisa Anda lakukan antara lain:
Perusahaan harus bisa menciptakan hubungan yang baik dengan para pelanggan dengan cara mendengarkan setiap komplain yang mereka sampaikan. Berikut ini cara meningkatkan hubungan dengan pelanggan:
Berikut adalah cara mempertahankan loyalitas dari pelanggan:
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar proses CRM berhasil diterapkan dalam bisnis:
Demikianlah pembahasan tentang bagaimana proses CRM berhasil diterapkan dalam sebuah bisnis. Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan CRM dalam bisnis yang Anda jalankan, silakan berkonsultasi dengan Soltius Indonesia. Soltius adalah perusahaan penyedia software CRM Indonesia yang telah melayani klien selama hampir dua puluh tahun. Kami mengemban visi dan misi untuk ikut membangun pertumbuhan UKM dan juga perusahaan bersekala besar.