span 1 span 2 span 3

Big Data Indonesia dan Manfaatnya Untuk Bisnis 2019

Big data Indonesia menjadi pembahasan hangat di tahun 2012 silam. Yang membahasnya tidak hanya praktisi IT, namun juga perusahaan  dan juga media. Meski Big Data ini sudah ada sejak lama namun masih menjadi asing dan tersembunyi karena belum semua orang menguasainya. Yang membuat Big Data ini tidak langsung booming sejak awal kemunculannya karena waktu dan juga proses untuk mengekstraknya cukup lama, serta masih banyak yang belum menyadari potensi besar dari Big Data tersebut sehingga masih belum dimanfaatkan secara maksimal.

Secara teori Big Data diartikan sebagai data dalam jumlah yang sangat besar dalam lalu lintas protokol seperti internet, data transaksi perbankan, transaksi penjualan, citra satelit, GPS, recorder camera, log atau panggilan, komunikasi antar pengguna, triliunan postingan, dokumen pribadi, dan masih banyak lagi lainnya. Mulai tahun 2019 saat ini sudah banyak yang sadar akan potensi Big Data tersebut dan mulai memanfaatkannya.

 

Manfaat Big Data untuk Bisnis

Tidak bisa dimungkiri bahwa dengan hadirnya Big Data Indonesia ini bisa memberikan manfaat yang cukup signifikan bagi bisnis Anda. Dengan memahami manfaat Big Data dengan cepat Anda bisa melakukan inovasi dan juga mendorong pertumbuhan bisnis agar lebih unggul dan kompetitif.  Manfaat Big Data untuk bisnis yang pertama adalah bisa digunakan sebagai suatu investasi dimana bisa menjadi implikasi yang nyata dimana bisa dirasakan setelah proses penelitian dan interpretasi. Anda bisa menggunakan hasil analisis Big Data untuk memperoleh nilai bisnis, nantinya hasil analisis ini bisa diterapkan untuk bisa menghasilkan strategi bisnis yang lebih implementatif.

Manfaat Big Data Indonesia untuk bisnis yang kedua adalah bisa digunakan agar operasional bisnis menjadi lebih optimal dan lebih efisien.  Selama ini ada beberapa bisnis yang berjalan dengan tidak efisien yang ditandai dengan kaburnya pelanggan, produk yang gagal, penurunan kualitas produk, dan juga penipuan secara finansial. Dengan Big Data ini analytic prediktif bisa digunakan untuk mengatasi hal-hal tersebut sehingga bisnis bisa berjalan lebih efektif dan efisien.

Manfaat Big Data untuk bisnis lainnya pun cukup banyak yaitu perusahaan bisa melakukan ekspansi untuk melihat potensi costumer dan juga perilaku pengguna, bisa dijadikan sebagai tambang emas bagi ahli data karena masih sedikit yang menjual dan juga menganalisis data tersebut. Manfaat yang terakhir adalah bagi para HR dimana bisa menggunakan Big Data Indonesia untuk mengenal karyawan secara komprehensif, mampu memprediksi perilaku karyawan, menekan pengeluaran, serta bisa digunakan untuk menciptakan strategi bisnis dengan implikasi yang positif misalnya saja adalah penggunaan LinkedIn agar bisa melakukan analisis kemampuan, pengetahuan, dan juga jejak karier karyawan, sampai dengan calon karyawan. Secara keseluruhan bisa disimpulkan bahwa Big Data ini akan mampu membantu Anda dalam mengambil keputusan bisnis dengan cepat dan tepat karena sudah ada data ilmiah dan terukur, bukan data yang tidak pasti dan random.

 

Komponen Big Data

Agar bisa memberikan analisis data yang tepat, Big Data ini memiliki 3 komponen di dalamnya. 3 komponen tersebut adalah volume, velocity, dan juga variety. Volume bagi Big Data adalah yang penting karena Anda perlu memproses volume atau ukuran data yang lebih besar, selain itu velocity adalah kecepatan yang sangat cepat berhubungan dengan data diterima dan langsung digunakan. Biasanya kecepatan aliran data tersebut akan langsung dialirkan ke memori dibandingkan ke disk. Yang terakhir adalah variety dimana di sini berbagai jenis data akan tersedia tidak hanya yang terstruktur namun Big Data akan lebih banyak data tidak terstruktur untuk dilakukan analisis dimana dari data tersebut akan dihasilkan informasi data yang sangat penting untuk bisnis.

Demikianlah beberapa informasi tentang manfaat Big Data Indonesia untuk Bisnis dan juga komponen-komponennya, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia