span 1 span 2 span 3

Pentingnya Penggunaan Smart Mobile Supply Chain bagi Perusahaan

Smart mobile supply chain kini telah menjadi sebuah hal penting di tengah persaingan bisnis global. Rantai pasokan yang menggunakan teknologi melalui smartphone maupun perangkat lainnya ini dirasa mampu meningkatkan daya saing sebuah perusahaan. Penggunaan manajemen rantai pasokan semacam ini mampu memberikan manfaat jangka panjang bagi semua pihak yang terkait dalam rantai pasokan tersebut. Berikut ini beberapa hal yang menunjukkan pentingnya penerapan supply chain berbasis teknologi informasi bagi perusahaan:

Daya Saing di Pasaran Kian Meningkat

Penerapan rantai pasokan berbasis mobile sangat penting di tengah persaingan pasar yang semakin ketat. Hadirnya rantai pasokan berbasis teknologi ini membuat perusahaan semakin memiliki daya saing sehingga dapat bertahan di pasaran. Pemanfaatan teknologi melalui smartphone ini mampu membantu perusahaan mengatur ulang sumber daya yang dimilikinya sehingga mampu memenuhi kebutuhan pasar yang tidak menentu. Untuk terus bisa berkompetisi di tengah arus ekonomi global, perusahaan memang rasanya harus bisa merancang dan mengembangkan platform IT, termasuk dalam rantai pasokan yang dijalankan. 

Meningkatnya Hubungan dengan Pelanggan 

Penerapan smart mobile supply chain mampu membantu sebuah perusahaan untuk menciptakan, mengembangkan, dan juga meningkatkan hubungan dengan para pelanggan. Berkat kemajuan teknologi, kini perusahaan bisa lebih mudah untuk melakukan otomatisasi hubungan antara perusahaan dengan para pelanggan melalui penyediaan informasi produk dan harga. Informasi tersebut nantinya dapat diakses oleh para pelanggan secara real-time. Dengan demikian, perusahaan pun akan semakin mudah dalam meningkatkan hubungannya dengan para pelanggan. 

Optimalisasi Pelayanan Pelanggan 

Penerapan rantai pasokan berbass teknologi informasi dapat membantu perusahaan untuk melakukan optimalisasi terhadap pelayanan yang diberikan pada para pelanggan. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, kini perusahaan dapat menjalankan e-commerce yang merupakan bagian dari layanan bagi para konsumen. Dengan aplikasi e-commerce tersebut, perusahaan dapat memberikan layanan terbuka secara real-time 24 jam setiap harinya. Dengan begitu, para pelanggan pun bisa lebih mudah memperoleh informasi mengenai produk / jasa yang mereka inginkan secara cepat dimanapun dan kapanpun mereka inginkan. 

Manajemen Permintaan yang Berjalan Lebih Baik 

Tujuan dari manajemen permintaan adalah menjaga keseimbangan antara kebutuhan para pelanggan dengan kemampuan perusahan untuk menyediakan pasokan. Perusahaan mampu mengurangi ketidakpastian permintaan dengan menerapkan rantai pasokan yang berbasis teknologi ini. Selain itu, perusahaan juga akan semakin mudah untuk melakukan sinkronisasi perencanaan permintaan. 

Hubungan dengan Supplier Lebih Terjaga 

Perusahaan harus bisa menjaga hubungan baik dengan para mitra bisnisnya, salah satunya adalah dengan para supplier. Hubungan baik dengan supplier akan berdampak baik pula pada ketersediaan bahan baku. Karena itulah, menjaga hubungan baik dengan para supplier menjadi sebuah hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar bisnis yang dijalankannya tetap berjalan dengan lancar. 

Ketersediaan bahan baku menjadi sebuah hal yang sangat krusial bagi sebuah perusahaan. Apabila ketersediaan bahan bakunya cukup banyak, maka perusahaan pun bisa lebih mudah meminimalisir risiko kekurangan stok bahan baku. Namun, sayangnya hal semacam itu kurang efisien mengingat biaya gudang penyimpanan, perawatan, serta pengamanan stok bahan baku yang tidak murah. Sebaliknya, jika ketersediaan stok bahan baku sedikit, maka biaya gudang pun tidak akan begitu besar. Namun hal ini berisiko menyebabkan perusahaan kekurangan bahan baku sehingga tidak dapat memenuhi permintaan dari para konsumen. Hal ini akhirnya justru akan membuat para konsumen beralih ke perusahaan lain. 

Penerapan rantai pasokan yang berbasis teknologi informasi dapat membantu perusahaan dalam melakukan kesepakatan dengan pihak supplier. Dengan demikian, pihak supplier dapat mengatur sendiri kapan mereka harus mengirimkan pasokan bahan baku sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya yang terlalu banyak untuk gudang penyimpanan dan perawatan bahan baku. 

Itulah ulasan mengenai pentingnya smart mobile supply chain bagi sebuah perusahaan. Untuk informasi lebih detail mengenai produk rantai pasokan berbasis teknologi informasi ini, silakan berkonsultasi dengan Soltius Indonesia.

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Other News

Feb 7, 2024
How Advanced Planning and Scheduling Helps Manufacturers Streamline Production
Jan 30, 2024
Merevolusi Operasi Bisnis di Indonesia: Solusi SAP Soltius Indonesia