Point of Sales Software Indonesia atau POS menjadi sistem penting dalam retail. POS sistem ini akan menjamin roda bisnis di perusahaan Anda berjalan dengan baik tanpa adanya hambatan yang berarti. Jika saat ini Anda sudah mengimplementasikan POS sistem di bisnis Anda, selamat karena bisnis Anda sudah lebih maju dibandingkan dengan bisnis yang belum menggunakan POS tersebut. Buat yang belum mengaplikasikan POS ini dan mencari tahu bagaimana POS system ini membuat bisnis berjalan lebih mudah, Anda telah membaca artikel yang sangat tepat. Hal itu dikarenakan pada artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana point of sales software Indonesia ini memudahkan pengelolaan bisnis retail Anda seperti berikut ini:
Cara pertama adalah aplikasi ini akan merekam penjualan di bisnis retail Anda. Setiap penjualan akan dicatat oleh POS ini. Karena terintegrasi dengan mesin kasir, Anda sebagai pemilik bisnis harus memilih staff kasir yang bisa mengoperasionalkan POS tersebut dengan baik. Untuk perekaman penjualan, sistem POS akan melakukan beberapa proses seperti di bawah ini:
Setelah pelanggan Anda memilih barang, mereka akan menuju ke kasir untuk melakukan pembelian. POS ini akan mempercepat terjadinya pembelian berkat adanya barcode scan. Caranya pun sangat mudah sekali yaitu Anda dengan mengarahkan scanner barcode di barang dan sistem akan secara mudah mendeteksi identitas barang tersebut.
Proses yang terakhir adalah diskon dan pembayaran. Point of sales software Indonesia akan memudahkan Anda dalam memberikan diskon kepada pelanggan. Saat pengecekan barang sistem POS ini akan mendeteksi apakah barang yang dibeli oleh pelanggan sedang discount atau tidak selain itu sistem akan mengetahui besaran diskon barang tersebut. Untuk pembayaran, POS ini akan mengizinkan berbagai macam metode pembayaran seperti menggunakan kartu debit dan juga kartu kredit. Tidak hanya itu saja POS juga akan menciptakan metode pembayaran yang unik seperti buy now pay later, loyalty program, dan yang terakhir adalah lay away.
Cara POS memudahkan pengelolaan bisnis retail adalah dengan inventory. Dengan fitur multi store inventory management bisnis Anda akan mudah melakukan inventaris di lokasi bisnis yang berbeda. Anda juga bisa mengendalikan pergerakan produk dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dengan demikian ketidakcocokan data antara salah satu cabang dengan gudang ini bisa dihindari. Kelebihan fitur multi store inventory management adalah Anda bisa menghindari stock aging. Misalnya saja adalah produk A tidak laku di cabang 1 sehingga ada penumpukan stock, sementara di cabang 2 produk A tersebut laris manis. Dengan fitur multi-store management tersebut Anda akan bisa mendapatkan informasi lebih cepat untuk memindahkan produk A dari cabang 1 ke cabang 2.
Cara mudah point of sales software Indonesia mengelola bisnis retail Anda adalah dengan mengelola pelanggan. Pelanggan adalah raja sehingga Anda harus tahu kebutuhan apa saja yang harus mereka layani. Tidak mengherankan jika banyak pemilik bisnis retail tersebut melengkapi POS dengan fitur CRM. CRM tersebut akan membuat Anda mengenali pelanggan Anda dengan baik, caranya adalah menyimpan data pelanggan dan membuat grup pelanggan. Dengan grup pelanggan ini bisnis retail Anda akan bisa menyesuaikan pesan promosi sesuai dengan preferensi pelanggan. Contohnya adalah Anda bisa mengelompokkan pelanggan VIP untuk bisa mendapatkan produk terbaru dari Anda. Selain itu POS akan memberikan loyalty programs karena pelanggan setia lebih berharga dibandingkan dengan 100 pembeli baru.
Untuk membuat roda bisnis berjalan dengan lebih cepat, Anda bisa mengintegrasikan point of sales software Indonesia dengan accounting software maupun dengan purchasing software karena semua software tersebut akan mampu menyederhanakan proses bisnis Anda menjadi lebih baik, tentunya menghindari terjadinya human error yang sangat merugikan bisnis Anda.