Sebagai pemilik bisnis tentu Anda sudah tidak asing dengan aplikasi CRM. CRM sendiri merupakan singkatan dari Customer Relationship Management dimana software ini digunakan untuk memanajemen hubungan dengan pelanggan. Dari namanya Anda sudah bisa menilai bahwa CRM ini berhubungan dengan pengelolaan pelanggan. Bisnis yang bisa berjalan dengan lancar adalah yang bisa mengelola pelanggan dengan baik, oleh sebab itu pengelolaan pelanggan ini tidak bisa jika dilakukan dengan cara manual terlebih lagi masalah berhubungan dengan pelanggan ini semakin kompleks. Siapa yang tidak bisa mempertahankan pelanggan dengan baik akan membuat mereka beralih ke pihak kompetitor.
Aplikasi CRM merupakan istilah yang mengacu pada praktik, strategi, dan juga teknologi yang digunakan perusahaan untuk bisa mengelola dan juga menganalisis interaksi pelanggan dan data yang berhubungan dengan siklus hidup pelanggan tujuannya memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan. Aplikasi ini juga bertujuan untuk menjaga loyalitas pelanggan dan mendorong pertumbuhan penjualan. Sistem yang disematkan pada CRM ini digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan dengan berbagai cara seperti telepon, percakapan langsung, surat menyurat, media sosial, dan lain sebagainya. Sistem CRM ini akan memberikan perusahan Anda sumber informasi yang lengkap tentang informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pembelian, dan juga keluhan pelanggan yang pernah disampaikan ke customer service.
CRM mampu membantu perusahaan bisnis Anda untuk bisa mendapatkan informasi tentang perilaku pelanggan, selain itu memperbaiki sistem operasional dan memastikan pelanggan dilayani dengan baik. Inti fungsi dari aplikasi CRM adalah membantu pebisnis untuk bisa mengenali nilai pelanggan dan memanfaatkannya untuk menjalin hubungan yang jauh lebih baik. Semakin Anda memahami pelanggan Anda maka Anda akan semakin responsif terhadap kebutuhan pelanggan dan tentu ini akan menaikkan tingkat kepuasan mereka terhadap perusahaan dan juga produk Anda. Dengan menggunakan CRM ini tentu perusahaan akan mendapatkan manfaat dari penggunaan aplikasi tersebut. Perusahaan yang dulunya kurang maksimal dalam melayani pelanggan akan menjadi lebih maksimal sehingga pelanggan akan semakin setia terhadap perusahaan Anda.
Selain beberapa penjelasan di atas masih ada manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi ini. Manfaat utamanya adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan aplikasi CRM ini akan memungkinkan bagi perusahaan Anda untuk bisa memakai semua informasi yang telah berhasil dikumpulkan dari berbagai sumber. Penerimaan informasi yang konsisten akan membuat pelayanan serta penjualan di bisnis Anda lebih baik. Manfaat selanjutnya adakah mengurangi biaya dimana CRM ini akan membuat pemasaran menjadi lebih terfokus dan memungkinkan bagi perusahaan untuk bisa memakai biaya yang lebih murah dalam hal pelayanan serta penjualan. CRM juga akan membuat kegiatan operasional perusahaan menjadi lebih efisien, semakin berkurang beban arus kas dan risiko turunnya kualitas pelayanan bisa dihindari berkat otomatisasi proses layanan dan juga penjualan. Sebagai contohnya adalah pemakaian teknologi call center dan juga website yang mana bisa mengurangi hambatan proses administratif, biaya, maupun birokrasi yang bisa muncul kapan saja.
Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan menggunakan CRM ini adalah saat Anda membuat produk baru akan didasarkan pada dinamika yang ada di pasar, keinginan pelanggan dan juga pesaing lain. CRM akan membantu kesetiaan pelanggan yang telah ada dan juga menarik pelanggan baru, merespons cepat pelanggan, melihat dan mendapatkan peluang, mampu menawarkan produk lain yang sekiranya juga dibutuhkan oleh pelanggan dimana pembeliannya dengan cara cross selling. CRM juga akan mampu mencegah penipuan dengan cara identifikasi kebiasaan para pelanggan Anda.
Jangan sampai pelanggan setia beralih ke kompetitor dikarenakan pelayanan yang kurang memuaskan. Gunakanlah aplikasi CRM sekarang juga untuk membuat pelanggan setia tetap setiap pada perusahaan Anda dan pilihlah aplikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.