span 1 span 2 span 3

Aplikasi CRM Mampu Membantu Tim Sales Lebih Produktif

Aplikasi CRM Mampu Membantu Tim Sales Lebih Produktif

Aplikasi CRM hadir tidak hanya memudahkan operasional perusahaan. Namun yang lebih tepat adalah CRM digunakan untuk menjangkau prospek dan pelanggan yang dimiliki. Meski begitu ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan perusahaan skala kecil maupun besar dengan menggunakan CRM ini salah satunya adalah untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis lebih cepat dan maksimal.

Seiring dengan pertumbuhan bisnis yang Anda jalankan, basis pelayanan dan juga produk yang Anda tawarkan juga harus memiliki rasio yang seimbang. Anda tidak boleh hanya meningkatkan produk tanpa pelayanan, begitu pula sebaliknya. Di sinilah peran maupun aplikasi CRM menjadi pilihan yang optimal untuk bisa membuat operasional berjalan dengan seimbang. Dengan rasio yang seimbang tersebut bisa membuat kesehatan bisnis menjadi lebih baik lagi dibandingkan sebelumnya.

 

CRM dan Tim Sales

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang bagaimana CRM bisa digunakan untuk membantu proses dan kinerja sales.  Tanpa adanya aplikasi ini tentunya tim sales pada perusahaan akan lebih sering menghabiskan waktu untuk keperluan administrasi seperti pengerjaan laporan, pembaruan data, analisis proyek, dan lain sebagainya sehingga kinerja tim sales kurang produktif. Bagi yang beranggapan bahwa hal tersebut adalah tugas sales bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang dihabiskan sales untuk laporan dan beberapa keperluan administrasi tersebut dalam sepekan? Tentunya dibandingkan disibukkan dengan hal-hal administratif ada baiknya jika waktu tersebut digunakan untuk melayani atau bahkan menemukan prospek yang baru.

Di sinilah peran aplikasi CRM dibutuhkan. Berkat aplikasi ini tim sales akan bisa memperbarui data dimana pun berada sehingga sangat fleksibel. Selain itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan CRM agar tim sales untuk meningkatkan bisnis dan kinerjanya secara umum seperti berikut ini:

 

  1. Visibilitas prospek

Untuk bisa menjalankan proses penjualan yang maksimal tim sales harus bisa melihat semua data dengan cepat namun tepat. Dengan menggunakan CRM ini bisa di integrasikan dengan telepon, visibilitas prospek akan lebih mudah ditemukan atau tim sales akan bisa memilih prospek mana yang dianggap lebih memiliki potensi. Dalam peningkatan visibilitas prospek ada 3 hal yang bisa didapatkan dari CRM yaitu efisiensi, efektivitas, dan wawasan.

 

  1. Otomatisasi proses

CRM tidak hanya mampu memudahkan pekerjaan tim sales, namun juga memiliki kemampuan dalam otomatisasi proses. Salah satu bentuk otomatisasi tersebut berupa pengelompokan prospek sesuai dengan kualitas dan tingkat komunikasi yang telah dijalankan. Hal ini akan mampu membantu sales agar bekerja lebih cepat dalam menemukan data prospek. Sistem CRM juga bisa mencegah penyimpanan daya yang sama dalam sistem. Jika tidak teliti dalam penyimpanan data dikhawatirkan tim sales akan menyimpan data yang sama sehingga boros penyimpanan dan data yang ditampilkan tidak akurat.

 

  1. Follow up prospek

Cara aplikasi CRM untuk meningkatkan sales yang terakhir adalah follow up prospek. Prospek perlu dilakukan follow up agar bisa mencapai penjualan. Tim sales pun harus memiliki jadwal yang tepat untuk bisa menghubungi prospek. Berkat penggunaan CRM yang memiliki fungsi pengingat ini, tim sales akan terbantu dalam melakukan follow up prospek secara tepat waktu.

 

Tim sales menjadi divisi yang penting pada perusahaan dimana ketika mampu bekerja lebih efisien tentu produktivitas pun akan mengalami peningkatan. Jika hal tersebut bisa terjadi terus menerus potensi bisnis untuk ikut tumbuh bersama dengan pertumbuhan tim sales akan semakin besar. Begitu pula sebaliknya jika perusahaan tim sales tidak bekerja secara efisien tentu kegiatan marketing akan berjalan kurang maksimal sehingga berdampak pada income yang didapatkan oleh perusahaan menjadi berkurang. Oleh sebab itu perusahaan yang merasa tim sales belum bisa produktif seperti yang diharapkan ada baiknya mulai menggunakan aplikasi CRM ini agar bisa mencapai profit seperti yang diharapkan.

 

Artikel Menarik Lainnya : 

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan