span 1 span 2 span 3

Tujuan Menggunakan Mobile Supply Chain bagi Perusahaan

Mobile supply chain penting diaplikasikan kala mobilitas semakin tinggi.  Penjualan berbasis e-commerce yang terus terjadi membuat rantai pasok menjadi kewalahan.  Visibilitas rantai pasokan masih menjadi tantangan hingga kini dan belum banyak perusahaan yang berhasil menaklukan tantangan tersebut. Hal itulah yang membuat manajer logistik harus bekerja keras setiap hari bahkan harus sampai terjaga di malam hari karena rantai pasokan yang terus berputar dan berlanjut setiap harinya.  

Beberapa tren yang terjadi saat ini mendorong investasi berbasis mobile yang aman bisa mendukung operasional rantai pasokan berjalan lebih baik lagi khususnya bagi armada atau transportasi di lapangan. Dengan transisi yang mendukung banyak operator dari perangkat mobile Windows ke Android membuat pengecekan rantai pasokan akan semakin fleksibel.  

Tujuan Menggunakan Mobile Supply Chain

Saat ini menggunakan software pendukung mobile supply chain sangat penting. Alasannya adalah rantai pasokan yang tidak pernah berhenti membuat rute dari rantai pasokan tersebut harus selalu terlihat dan terupdate. Selain menawarkan kepraktisan, supply chain dengan basis mobile ini bisa digunakan oleh para driver sehingga mereka bisa mengabarkan posisi terakhir mereka untuk memastikan barang yang dibawanya sampai ke konsumen secara tepat waktu.  Tujuan lainnya menggunakan supply chain berbasis mobile adalah memungkinkan wawasan untuk bisa meningkatkan efisiensi, menghilangkan limbah, dan juga memberikan fasilitas untuk menghasilkan keuntungan yang jauh lebih besar.  

Baca Juga: 5 Alasan Penerapan Mobile Supply Chain dalam Bisnis

Perusahaan dengan rantai pasokan berbasis mobile akan bisa memindahkan sumber daya, aset,  dan juga inventaris ke tempat yang dibutuhkan di waktu tertentu untuk bisa mengurangi biaya yang mana merespons secara proaktif risiko transportasi dan juga manufaktur. Potensi hasil dan rantai pasokan dengan basis mobile ini terbukti lebih hemat di berbagai macam bidang mulai dari sumber daya, waktu, sampai dengan uang. Idealnya rantai pasokan berbasis mobile ini akan bisa memantau tingkat inventaris yang lebih real time, mampu menghasilkan interaksi pelanggan dengan produk, lokasi operator, membantu perencanaan dan juga eksekusi pada peningkatan level kinerja. 

Mobile supply chain di dukung dengan berbagai macam teknologi canggih yang mana bisa membuat rantai pasokan bisa berjalan lebih cepat dan maksimal. Teknologi yang ada pada rantai pasokan berbasis mobile adalah teknologi pelacakan GPS, identifikasi frekuensi radio atau RFID, barcode, data berbasis lokasi, jaringan sensor nirkabel, label pintar, dan lain sebagainya dimana semuanya memiliki perannya masing-masing dalam rantai pasokan. Tidak hanya itu saja rantai pasokan berbasis mobile memanfaatkan teknologi cloud dimana  bisa terintegrasi dengan layanan website sehingga bisa menyatukan informasi dan juga proses untuk bisa menciptakan visibilitas mitra dan juga kolaborasi yang lebih efisien.

Baca Juga: Mengenal Mobile Supply Chain yang Bermanfaat Dalam Bisnis

Langkah Menggunakan Mobile Supply Chain

Jika Anda ingin menggunakan software rantai pasokan berbasis mobile ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan. Yang pertama adalah pahami posisi awal Anda dan siapa saja yang terlibat. Penting bagi Anda untuk menyadari rantai pasokan Anda saat ini risiko apa saja yang bisa dibawa oleh pemasok dan juga nilai kelayakannya. Memperhatikan risiko potensial yang bisa saja terjadi akan membuat Anda bisa mengambil langkah proaktif dan juga bisa menyiapkan pencegahan secara tepat.

Langkah selanjutnya adalah pendekatan jangka panjang berkelanjutan. Anda bisa mengambil langkah untuk menjaga kestabilan sistem dari waktu ke waktu dan juga berbagai kondisi bisnis dan keuangan. Dengan pendekatan ini Anda bisa menghindari ketidaknyamanan yang tidak perlu terjadi seperti gangguan dan juga keterlambatan. 
Langkah yang terakhir adalah penelitian dan juga analisis yang tepat. Dengan menggunakan mobile supply chain ini Anda bisa menghasilkan rantai pasokan yang tangguh dan juga memberikan hasil seperti yang diinginkan dan diharapkan.

Demikianlah beberapa informasi tentang mobile supply chain yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan