span 1 span 2 span 3

5 Kelebihan Menggunakan Software ERP Indonesia

5 Kelebihan Menggunakan Software ERP Indonesia

Software ERP Indonesia memiliki tiga elemen kata. Tiga elemen tersebut adalah enterprise artinya perusahaan atau organisasi, resource artinya sumber daya, dan planning yang artinya adalah perencanaan. Secara umum ERP adalah konsep merencanakan dan juga mengelola sumber daya dari perusahaan berupa paket aplikasi program yang saling terintegrasi dan multi modul. Modul tersebut dirancang agar mampu melayani dan juga mendukung berbagai macam fungsi di dalam perusahaan sehingga lebih efisien dan mampu memberikan pelayanan lebih baik bagi konsumen.

Kelebihan Menerapkan ERP

Di saat perkembangan teknologi dan persaingan bisnis semakin ketat diharapkan perusahaan bisnis bisa menyesuaikan diri dengan segala wujud perkembangan yang ada. Karena siapa yang tidak bisa menerima perubahan harus siap tertinggal. Jika perusahaan Anda belum menerapkan ERP akan ada beberapa kekurangan yang bisa didapatkan yaitu perencanaan yang kurang efisien sehingga operasionalnya pun juga akan kurang maksimal. Sebaliknya jika Anda menggunakan ERP akan ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan perusahaan seperti berikut ini:

Baca Juga: Pengertian Software ERP Indonesia dan Keuntungan Penggunaannya

1.Integrasi bisnis dan akurasi data yang lebih baik

Sistem ERP memiliki berbagai macam modul dengan sub-modul dan juga mewakili komponen bisnis tertentu. Jika data yang Anda masukkan dalam suatu modul diperbarui maka data pada modul lain ini juga akan diperbarui sehingga Anda tidak perlu melakukan update satu per satu.  Data yang dimasukkan tersebut hanya perlu dimasukkan sekali saja sehingga Anda tidak perlu memasukkan data yang sama.

2.Kesalahan data bisa diminimalisir

Software ERP Indonesia bisa meminimalisir kesalahan yang diakibatkan oleh human error. Saat proses yang Anda lakukan ini tidak saling terintegrasi satu sama lainnya kesalahan data akan sangat mungkin sekali terjadi. Kesalahan pengetikan data dan juga duplikat data tersebut bisa diminimalkan. Struktur database yang terpusat ini juga akan membuat administrasi maupun keamanan bisa menjadi lebih baik untuk menghindari kehilangan data yang lebih penting.

3.Perencanaan dan manajemen sistem informasi yang lebih baik

Software ERP Indonesia menjadi alat pendukung dan juga pengambil keputusan yang baik. ERP ini juga bisa membantu manajemen yang lebih tepat dan akurat dengan memanfaatkan sumber daya seperti material, manusia, dan juga mesin maupun peralatan kerja. Dalam pengimplementasiannya, ERP ini terbukti mampu menghasilkan laporan yang diperlukan oleh manajemen. Selain itu laporan tersebut akan bisa di akses oleh manajemen kapan saja ketika dibutuhkan.

Baca Juga: Waktu yang Tepat Perusahaan MenggunakanSoftware ERP Indonesia

4.Efisiensi dan produktivitas meningkat

Software ERP Indonesia ini akan membuat efisiensi dan juga produktivitas meningkat. Selain mampu membuat perencanaan yang lebih baik, sistem ERP juga dipercaya bisa meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian. Aktivitas tersebut meliputi pemesanan, pengiriman, kinerja pemasok, dan juga realisasi penjualan. ERP juga sangat bermanfaat dalam efisiensi manajemen kualitas dan manajemen kas. Berkat software ERP terbaik, waktu penjualan ke kas maupun pembayaran ke pemasok bisa lebih dipersingkat.

5.Membentuk SOP yang lebih baik

Dengan menggunakan sistem ERP yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pekerjaan akan lebih terstruktur sehingga tidak hanya tergantung pada individu tertentu saja. Selain bisa dijadikan sebagai peningkat efisiensi dan efektivitas, ERP juga mampu membentuk SOP perusahaan yang lebih baik. Tanpa SOP yang jelas operasional perusahaan akan kurang maksimal karena tidak memiliki landasan dan juga prosedur yang jelas dalam operasionalnya.

ERP software terbukti mampu menunjang kinerja perusahaan. Human error yang sering terjadi di perusahaan akan bisa diminimalisir dengan software ERP Indonesia ini sehingga data yang didapatkan lebih real time dimana data tersebut sangat bermanfaat bagi perusahaan dalam penyusunan laporan maupun untuk bahan evaluasi.

Artikel Menarik Lainnya:

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan